Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan.Kita ketahui bersama, madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah setelah mengkonsumsi nektar dari bunga. Namun secara rinci, proses itu cukup rumit, karena membutuhkan tahapan regurgitasi dan penguapan. Selain proses yang tidak singkat tersebut, madu juga ternyata kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, mulai dari berbagai macam vitamin B, kalsium, natrium, zat besi, klor, kalium, glukosa, magnesium dan fruktosa. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, bisa Kita tahu bahwa ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui pada penjelasan di bawah ini.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Manfaat Madu untuk Kesehatan


1. Menyembuhkan batuk
Selain bisa dijadikan pengganti gula, madu juga ternyata bisa digunakan untuk menenangkan dan menyembuhkan batuk. Hal tersebut dikarenakan sifatnya sebagai dekstrometorfan yang dapat menekan batuk, menghilangkan rasa sakit dan iritasi. Anda dapat mengkonsumsi 2 sdt madu sebeleum tidur agar proses penyembuhan berjalan dengan efisien.

2. Mengobati jerawat
Manfaat madu untuk kesehatan selanjutnya adalah berkenaan dengan wajah, dimana sifat madu sebagai anti-mikroba dapat membersihkan kulit wajah dari berbagai macam penyakit umum, seperti jerawat, komedo dan noda hitam akibat bekas jerawat. Selain itu, membuat cairan madu menjadi masker wajah juga bisa menghindari kulit dari peradangan serta iritasi.

3. Mengatasi sakit tenggorokan
Selain untuk menyembuhkan batuk, madu juga dipercaya dapat mengatasi masalah radang dan iritasi tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan sifat dari madu sebagai anti-bakteri. Selain itu, Anda juga dapat membuat olahan obat kumur ataupun minuman herbal dengan mencampurkan 1 sdt madu dengan 1/2 cangkir air, 1 sdt jahe dan 1/2 buah lemon.

4. Menyembuhkan luka bakar
Manfaat madu untuk kesehatan lainnya adalah sebagai penyembuh luka bakar. Cara ini sudah dipakai sejak dahulu kala untuk mengobati luka bakar umum dengan cepat dan efisien. Selain itu, madu juga dapat menghentikan terjadinya peradangan dan penyebaran pada luka bakar.

5. Meningkatkan energi
Sebagai pengganti gula, madu memiliki senyawa gula alami yang mengandung kalori sehat dan energi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu, orang-orang yang mengkonsumsinya pun tidak perlu khawatir akan penyakit gula darah, karena sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cairan madu memiliki karbohidrat dan protein yang baik namun tetap dapat digunakan sebagai pemanis bagi penderita hipoglikemia.

6. Mengobati insomnia
Madu memiliki kandungan karbohidrat lemak yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi insulin yang membuat triptofan mudah masuk ke otak. Hal tersebut berpengaruh bagi tubuh Anda untuk dapat tidur lebih nyenyak, lebih mudah dan lebih lama.

7. Menurunkan berat badan
Manfaat madu untuk kesehatan yang terakhir adalah berhubungan dengan lemak, berat badan dan obesitas, dimana madu memiliki banyak sekali kandungan yang dapat menjaga berat tubuh tetap normal serta mencegah obesitas. Kandungan-kandungan tersebut diantaranya adalah mineral, vitamin dan asam amino.

Manfaat Madu untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply

Bantu Like Fanspage Kami ya
Atau Tunggu 10 Detik