Manfaat Kunyit untuk Kulit

Kunyit adalah rempah-rempah dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Banyak obat tradisional di Asia, termasuk Indonesia, India, dan Cina yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan utamanya. Selain sebagai obat bagi penyakit dalam, kunyit juga dipercaya baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh bagian luar, termasuk kulit. Untuk lebih mudahnya, mari simak daftar manfaat kunyit untuk kulit pada pembahasan di bawah ini.

 

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

  1. Sebagai agen antibakteri, mengobati luka

Kunyit dipercaya dari generasi ke generasi sebagai agen antibakteri, sehingga cocok untuk melawan berbagai macam infeksi akibat bakteri. Oleh sebab itu, kunyit bisa dijadikan bahan herbal untuk mengobati luka kecil dan luka bakar.

 

  1. Sebagai anti-aging

Kunyit juga bisa juga digunakan sebagai anti-aging alami, sehingga proses penuaan dini bisa dikurangi tanpa perlu mengonsumsi atau menerapkan bahan-bahan kimia. Umumnya kunyit dijadikan anti-aging dengan dioleskan ke kulit dan dijadikan sebagai masker. Untuk pengolahannya sendiri dijadikan bubuk terlebih dahulu, lalu dijadikan pasta dengan dicampur air.

Tidak sedikit produk-produk modern untuk sabun (body wash) yang menggunakan kunyit sebagai salah satu bahannya. Selain itu, kunyit juga biasa dicampur dengan susu untuk meningkatkan khasiatnya, bahkan dipercaya bisa mencerahkan kulit.

 

  1. Meningkatkan elastisitas kulit

Manfaat kunyit untuk kulit selanjutnya adalah untuk menyegarkan dan lebih memudakan kulit. Kunyit juga kaya akan antioksidan, yang diteliti sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kunyit juga bisa merangsang pertumbuhan sel baru, sekaligus membantu dalam menjaga elastisitas kulit secara keseluruhan.

 

  1. Membantu kontrol kulit berminyak

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, Anda bisa mengurangi produksinya dengan menerapkan kunyit. Biasanya bubuk kunyit diolah menjadi pasta bersama dengan sedikit jus jeruk dan cendana. Setelah itu, oleskan pasta tersebut ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama 10 menit atau hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

 

  1. Membantu memudarkan stretch mark

Stretch mark juga merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami orang-orang, khususnya wanita yang baru melahirkan dan mereka yang memiliki kelebihan berat badan lalu melakukan program diet. Di sini kunyit dipercaya dapat membantu menghilangkan stretch mark, bahkan mengeluarkan warna kulit yang baru. Ramuan dari kunyit ini sendiri bisa dicampur bersama dengan yogurt, susu mentah, ataupun air mawar.

 

  1. Mengobati jerawat

Kunyit juga baik untuk melawan jerawat, menghilangkannya, sekaligus menjaga agar tidak datang kembali. Dari dahulu hingga sekarang ada banyak olahan kunyit yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit para remaja ini. Di antaranya adalah dengan dicampur bersama dengan pasta cendana dan beberapa tetes air mawar.

 

  1. Melembutkan kulit pecah-pecah

Kulit yang pecah-pecah biasanya ada pada bagian tumit kaki. Umumnya disebabkan karena tekanan yang keras secara berangsur-angsur. Di sinilah manfaat kunyit untuk kulit dapat dirasakan. Kunyit dipercaya bisa melembutkan tumit yang pecah-pecah. Umumnya ramuan kunyit dipadukan dengan minyak kelapa.

Manfaat Kunyit untuk Kulit | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply