Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Kulit manggis saat ini banyak dilirik di dalam dunia kedokteran. Bukan saja bagian manggisnya yang berkhasiat, namun juga kulitnya memiliki keuntungan yang sama. Bahkan, menurut penelitian, kulit manggis dihubungkan dengan pengobatan terhadap kanker. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat kulit manggis yang sebaiknya kita ketahui.

Manfaat Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis

Salah satu substansi yang terdapat di dalam kulit manggis yang paling utama di sorot adalah sebuah zat bernama Xanthone. Zat ini bahkan sudah diproduksi secara modern dari olahan kulit manggis ke dalam bentuk sirup. Xanthone dipercaya merupakan bahan alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari mencegah diabetes, kanker, hingga melawan radikal bebas. Untuk lebih jelasnya, mari simak daftar khasiat kulit manggis di bawah ini.

 

  1. Mencegah kanker

Hasil penelitian yang cukup fenomenal menyebutkan bahwa kulit manggis dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Bahkan juga dapat menghancurkannya. Hal ini disebabkan oleh kandungan xanthone yang merupakan sifat anti dan apoptosis proliferasi. Sifat tersebut merupakan senjata pemusnah kanker.

 

  1. Mencegah penyakit jantung

Sejalan dengan kemampuannya untuk mencegah kanker, kulit manggis juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Sedangkan kita tahu, masalah yang berhubungan dengan jantung merupakan jenis penyakit fatal, sehingga tidak salah bila kita rutin mengonsumsi kulit manggis.

 

  1. Mengatasi diare

Senyawa yang terkandung di dalam kulit manggis dipercaya sangat ampuh untuk menjaga kesehatan fungsi pencernaan, termasuk juga untuk menghilangkan bakteri penyebab diare.

 

  1. Mengatasi gangguan saat menstruasi

Manfaat kulit manggis juga bisa dirasakan khusus untuk wanita, yaitu saat mereka datang bulan. Gangguan saat menstruasi ataupun menstruasi yang tidak teratur bisa dibantu mengatasinya oleh kulit buah lezat ini.

 

  1. Mencegah diabetes

Diabetes atau penyakit gula darah merupakan salah satu penyakit mengerikan yang banyak diderita masyarakat Indonesia, dikarenakan kebiasaan masyarakatnya yang berlebihan mengonsumsi gula dalam setiap jenis makanan dan minuman. Di sini, kulit manggis dipercaya ampuh dalam menurunkan risiko terkena diabetes, sekaligus membantu membawa gula ke dalam urin, sehingga terbuang bersama limbah dan cairan tak dibutuhkan lainnya.

 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kulit manggis juga memiliki senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sekaligus juga membantu memperkuat tubuh dalam menghadapi keadaan yang tidak stabil. Salah satunya dikarenakan sifat antioksidan alami yang kuat.

 

  1. Mencegah penuaan dini

Bagi Anda yang merasa mulai tumbuh keriput, garis-garis halus, serta gejala penuaan lainnya, maka tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan menggunakan kulit manggis. Kandungan antioksidan pada kulit manggis memiliki banyak khasiat dan salah satu di antaranya adalah mengencangkan kulit. Juga bisa untuk meremajakan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.

 

Kesimpulan

Kulit manggis di Indonesia sudah mulai tenar. Banyak sekali produk-produk olahan kulit manggis dengan berbagai bentuk dan cita rasa. Namun begitu, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kulit manggis adalah dengan mengolahnya sendiri, tentunya bila bisa. Sedangkan untuk konsumsi suplemen atau ekstrak kulit manggis hendaknya dikonsultasikan ke dokter kesayangan Anda terlebih dahulu.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply