Manfaat Kebugaran Jasmani Dan Komponennya

Kita memang perlu untuk memperhatikan kesehatan tubuh terutama dalam kebugaran jasmani. Apabila kita melakukan aktifitas setiap harinya maka dibutuhkan jasmani yang bugar dan membuat hidup kita menjadi lebih bersemangat. pengertian kebugaran jasmani tersebut adalah kemampuan tubuh manusia untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari harus mengalami kelelahan dan masih bisa melakukan kegiatan yang lain. Ada beberapa ha penting dalam kebugaran jasmani yaitu Fisik yang berkenaan dengan otot, tulang, dan lemak. Fungsi organ yang berkenaan dengan efisien sistem jantung, pembuluh darah dan pernapasan dan Respon otot.

kebugaran jasmani

kebugaran jasmani

Komponen kebugaran jasmani

Adapun beberapa komponen kebugaran jasmani adalah :

  1. kekuatan (Streght)

Kekuatan adalah kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban saat bekerja. Latihan kekuatan otot misalnya push up, sit up, angkat beban.

  1. Daya tahan (Endurance)

Daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam memakai organ tubuhnya seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan aktifitas. Contoh latihan adalah lari 2,4 km, lari 12 menit, lari naik turun bukit.

  1. Daya otot (Muscular Power)

Daya otot adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum dengan waktu yang sesingkat mungkin. latihannya misalnya vertikal jump, front jump, slide jump.

  1. Kecepatan (Speed)

Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan yang berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Latihannya dengan berlari 50 sampai 200 meter.

  1. Daya Lentur

Daya lentur melihat pada efektivitas tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan gerakan atau aktivitas yang mengandalkan kelenturan tubuh misalnya senam, yoga, dan renang.

  1. Kelincahan (Agility)

Adalah kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi tubuh seperti ke depan dan ke belakang atau ke kiri dan ke kanan. Olahraga ini misalnya sepak bola dan bulu tangkis.

  1. Koordinasi (Coordinaton)

adalah kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif. Latihannya dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya dengan tangan kiri.

  1. Keseimbangan (Balance)

Merupakan kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga bisa mengendalikan gerakan tubuh dengan baik. Latihan ini misalnya senam loncat indah, sikap lilin dan berjalan di atas balok kayu.

  1. Ketepatan (Accuracy)

Komponen kebugaran jasmani selanjutnya adalah ketepatan yaitu Kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran misalnya bowling.

  1. Reaksi (Reaction)

Merupakan kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain misalnya lempar tangkap bola.

Adapun manfaat kebugaran jasmani yaitu meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung, meningkatkan stamina, memiliki respon tubuh yang cepat, dan juga mengurangi resiko obesitas.

Deskripsi : Kebugaran jasmani yang telah dibahas di atas semoga dapat memberikan manfaat bagi anda atau dapat menambah wawasan bagi anda.

Manfaat Kebugaran Jasmani Dan Komponennya | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply

Bantu Like Fanspage Kami ya
Atau Tunggu 10 Detik