Manfaat Jus Bit Merah untuk Kesehatan

Bit merah merupakan bagian akar tunggang dari tanaman bit. Selain disebut bit merah, juga sering disebut bit emas. Selain digunakan sebagai konsumsi harian dan sebagai pewarna makanan, bit merah juga bisa dibuat minuman berupa jus. Jangan salah, ada banyak manfaat jus bit merah untuk kesehatan yang bisa didapat oleh orang yang mengonsumsinya. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya untuk Anda.

Manfaat Jus Bit Merah

Manfaat Jus Bit Merah

  1. Menurunkan tekanan darah

Jus bit merah merupakan sumber nitrat. Bila dikonsumsi, tubuh akan mengubahnya menjadi nitrat dan gas, yang biasa disebut oksida nitrat. Kedua senyawa ini dipercaya bisa membantu melebarkan arteri dan menurunkan tekanan darah. Menurut para peneliti, konsumsi 500 gram bit merah setiap hari dapat mengurangi tekanan darah tubuh dalam waktu sekitar 6 jam.

 

  1. Mengurangi kolesterol jahat

Bagi Anda yang suka dengan jus bit merah, Anda dapat sekaligus mendapatkan manfaat berupa turunnya kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid, serat, dan betacyanin pada bit merah yang baik dalam melawan kolesterol berbahaya (LDL). Betacyanin sendiri merupakan senyawa antioksidan kuat, yang dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL. Bit merah juga dipercaya bisa melindungi jantung dari berbagai masalah kesehatan, seperti stroke dan serangan jantung.

 

  1. Baik untuk ibu hamil

Manfaat jus bit merah selanjutnya cocok untuk ibu hamil. Menurut penelitian, bit merah kaya akan asam folat. Sedangkan asam folat sendiri penting bagi ibu dan janin, karena merupakan senyawa yang dibutuhkan dalam membentuk sumsum tulag belakang. Asam folat juga dapat membantu melindungi janin dari kondisi semisal spina bifida (kelainan sumsum tulang belakang).

 

  1. Membantu mencegah osteoporosis

Bit merah juga kaya akan silika mineral, yang dapat berguna untuk membantu tubuh menggunakan kalsium secara efisien. Sedangkan kalsium sendiri sangat penting untuk tulang dan gigi. Mengonsumsi segelas jus bit merah setiap hari dipercaya bisa mencegah kondisi penyakit tulang, seperti osteoporosis dan tulang rapuh.

 

  1. Membantu meningkatkan energi

Menurut sebuah penelitian yang dijabarkan di American Diabetics association’s conference, disebutkan bahwa bit merah dapat membantu meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat dari bit merah yang dapat membantu melancarkan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

 

  1. Melindungi dari kanker

Kandungan betacyanin pada bit merah diteliti oleh para ilmuwan di Universitas Howard dapat membantu memperlambat tumbuhnya tumor hingga 12,5 persen pada pasien kanker prostat dan payudara. Bahkan efek ini dipercaya tidak hanya dapat membantu dalam diagnosa dan pengobatan kanker, namun juga dapat membuat pasiennya tidak lagi terserang kanker.

 

  1. Mengobati sembelit

Manfaat jus bit merah yang terakhir pada daftar kali ini berhubungan dengan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada bit merah dapat digunakan sebagai pencahar alami yang efisien. Konsumsi jus bit merah juga dapat membuat pergerakan usus menjadi lebih lancar dan lunak.

Manfaat Jus Bit Merah untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply