Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Menurut sejarah, jambu biji adalah tanaman yang ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah. Di Indonesia, jambu biji tumbuh subur, karena Indonesia termasuk ke dalam negara tropis. Buah ini sendiri memiliki banyak sekali khasiat bagi manusia. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar manfaat jambu biji untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C pada jambu biji sangatlah tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi dari jeruk. Sedangkan vitamin C sendiri diteliti memiliki banyak manfaat. Di antaranya dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan terhadap serangan infeksi dan patogen.

 

  1. Menurunkan risiko terkena kanker

Quercetin, lycopene, vitamin C, dan polifenol adalah senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan kuat untuk menetralisir radikal bebas, sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Jambu biji sendiri terbukti dapat mengurangi risiko kanker prostat dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena kandungan lycopene yang tinggi.

 

  1. Baik untuk penderita diabetes

Manfaat jambu biji untuk kesehatan lainnya berhubungan dengan penyakit diabetes. Jambu biji kaya akan serat, namun rendah indeks glikemik. Hal ini membuat jambu biji cocok untuk mencegah berkembangnya diabetes dengan cara menghambat peningkatan kadar gula. Baca juga Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes .

 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jambu biji juga dapat membantu mengatur keseimbangan kadar natrium dan kalium di dalam tubuh, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap normal pada penderita hipertensi. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat, sehingga organ jantung dapat terjaga kesehatannya. Bahkan, buah manis ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Baca juga Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung .

 

  1. Mengobati sembelit

Seperti yang diketahui secara umum, jambu biji kaya akan serat, sehingga benar-benar cocok untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan biji dari buah ini, bila tertelan utuh ataupun dikunyah bisa menjadi obat pencahar yang sangat efektif, teramasuk juga membuat gerakan usus lebih sehat.

 

  1. Meningkatkan fungsi penglihatan

Jambu biji juga terkenal baik untuk mata, karena kandungan vitamin A yang tinggi. Buah berdaging merah ini juga dapat mencegah degradasi penglihatan, bahkan meningkatkan fungsi mata. Selain itu, jambu biji juga dipercaya dapat memperlambat munculnya penyakit degenerasi makula dan katarak.

 

  1. Baik untuk ibu hamil

Kandungan asam folat (vitamin B9) pada jambu biji dipercaya baik untuk ibu hamil. Fungsi dari asam folat sendiri dapat membantu mengembangkan sistem saraf dari janin, termasuk juga melindunginya dari gangguan neurologis.Baca juga Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil.

 

  1. Baik untuk otak

Kandungan vitamin B3 dan B6 yang ada pada jambu biji atau juga sering disebut niasin dan piridoksin dipercaya baik untuk otak. Terutama untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otak, merangsang fungsi kognitif, dan menenangkan saraf.

 

  1. Sebagai anti penuaan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang terakhir cocok bagi Anda yang mulai tampak tanda-tanda penuaan pada kulit. Kandungan vitamin A, C, antioksidan, seperti karoten dan likopen dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari keriput.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply