Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambahkan cita rasa makanan. Selain itu, jahe juga secara turun temurun dipakai untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan jahe juga diteliti memiliki berbagai kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, kalium, fosfor, natrium, beta-karoten hingga kalsium. Dengan nutrisi yang kaya tersebut, bisa Kita tahu bahwa ada banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan. Beberapa diantaranya dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

  1. Mencegah penyakit flu dan demam

Salah satu fungsi jahe adalah untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal ini secara tidak langsung bertujuan untuk menghalau virus dan jamur penyebab flu, batuk dan demam. Selain itu, jahe juga bersifat antitoksin yang bermanfaat untuk mengeluarkan panas pada tubuh dalam bentuk keringat, sehingga demam dapat cepat sembuh.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Anda bisa mengkonsumsi olahan jahe menjadi jamu atau jus dengan jumlah sekali dalam sehari. Nantinya ramuan herbal ini bukan hanya dapat mencegah penyakit flu dan demam, namun juga membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.

  1. Mencegah kanker

Manfaat jahe untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Ada banyak kanker yang diteliti dapat dihadang oleh salah satu bumbu dapur ini, diantaranya adalah kanker ovarium dan kolorektal. Selain itu, dalam sebuah studi di University of Minnesotta, disebutkan bahwa jahe mampu memperlambat proses pertumbuhan sel-sel kanker kolorektal, usus besar, paru-paru, prostat, kulit, pankreas dan lainnya.

  1. Mengurangi nyeri saat haid

Sifat lainnya yang ada pada tanaman herbal jahe adalah sifat anti-inflamasi serta pain killer (obat penghilang rasa sakit). Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan jamu jahe untuk mengurangi rasa sakit akibat datang bulan.

Anda dapat membeli bubuk jahe untuk diseduh atau jahe kapsul yang biasanya dijual di apotek atau toko obat herbal. Olahan herbal jahe ini dapat dijadikan cara instan untuk menghilangkan nyeri dan kram akibat awal siklus menstruasi bulanan.

  1. Mengatasi migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah adalah satu lagi penyakit yang dapat disembuhkan oleh ramuan jahe. Hal ini ditunjukan oleh sebuah penelitian, dimana jahe ternyata mampu menghentikan prostaglandin serta peradangan pada pembuluh darah.

  1. Mengatasi mual-mual

Jahe memiliki sifat yang mirip dengan vitamin B6. Sedangkan B6 sendiri diteliti mampu mengatasi mual-mual, termasuk saat masa kehamilan. Selain itu, jahe juga memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit akibat morning sickness pada wanita hamil.

Bagi para ibu hamil, jahe bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah langsung. Selain itu, jahe juga bisa dicampurkan dengan cairan madu untuk menyamarkan rasa dari jahe itu sendiri.

  1. Mengurangi nyeri akibat arthritis

Manfaat jahe untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengurangi nyeri yang disebabkan arthritis. Hal tersebut karena sifat jahe sebagai anti-inflamasi yang dapat mengobati rasa sakit rhumatoid arthritis dan osteoarthritis, termasuk osteoarthritis pada lutut.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply