Manfaat Jahe Merah, Tumbuhan Herbal yang Sering Terlupakan

Manfaat jahe merah ternyata cukup banyak, walaupun banyak orang yang masih belum memperhatikan tumbuhan herbal satu ini. Jahe, bagaimanapun juga, merupakan nama tumbuhan yang sudah dikenal banyak orang, dan jahe ada beberapa jenis, salah satunya adalah jahe merah. Biasanya orang-orang menganggap jika jahe itu hanya untuk bahan masakan saja, dan tidak mengerti apabila memiliki manfaat positif untuk kesehatan. Bahkan juga untuk kecantikan tubuh seseorang.

Manfaat jahe merah untuk Kesehatan manusia

Manfaat jahe merah untuk Kesehatan manusia

Manfaat dari Jahe

 

Tanaman “Zingiber Officinale Var Rubrum”, yang merupakan nama latin dari jahe merah ini memiliki kandungan yang benar-benar kuat. Jahe merah termasuk jenis jahe dengan ukuran yang lebih kecil, khususnya apabila Anda bandingkan dengan ukuran dari jenis jahe yang biasanya, tetapi walaupun begitu khasiat jahe merah tidak bisa Anda remehkan.

 

Kandungan

 

Jahe merah memiliki kandungan minyak asirin, di mana ini merupakan kandungan bermanfaat dari jahe merah yang tertinggi. Selain itu juga terdapat beberapa kandungan yang lainnya.

 

  1. Menyembuhkan penyakit batuk

 

Baik, sekarang langsung saja ke pembahasan manfaat pertama dari jahe merah. Manfaat pertama tidak lain adalah untuk menyembuhkan penyakit batuk. Jadi dengan memanfaatkan jahe merah, Anda tidak hanya akan lebih lega, tetapi juga dapat sembuh dari batuk yang mengganggu. Selain mengatasi batuk, jahe merah juga memiliki fungsi untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Sifat menghangatkan dari jahe merah yang memiliki kegunaan dalam membantu mengatasi sakit radang tenggorokan dan batuk, jadi jika Anda sering terserang batuk, jangan lupa untuk stock jahe merah di rumah ya.

 

  1. Menyembuhkan rematik

 

Siapa yang senang jika terserang rematik? Semua orang ingin cepat-cepat menyembuhkannya, dengan jahe merah Anda bisa melakukannya – Di mana rasa sakit dan bengkak karena rematik dapat dikurangi. Untuk memanfaatkan jahe merah dalam menyembuhkan penyakit yang memiliki nama lain encok ini tidak sulit. Anda sediakan beberapa rimpang jahe dan temu lawak, potong dan bersihkan, lalu rebus, tambahkan cabe jawa, kumis kucing, beserta daun komfrey, rebus bersamaan. Anda minumlah air rebusan tersebut, satu hari minum dua kali hingga rematik sembuh dan tidak kambuh lagi.

 

  1. Menyembuhkan sakit kepala

 

Selain menyembuhkan rematik dan batuk, ternyata jahe merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan sakit kepala. Cara mengolah jahe merah untuk mengatasi sakit kepala yakni Anda seduhlah jahe merah di air hangat, kemudian Anda dapat menghisap aroma dari jahe merah yang telah dipotong-potong sebelumnya itu.

 

Resep rahasia Ramuan Kesehatan Jahe Merah

 

Berikut ada resep tradisional yang sudah digunakan sejak turun temurun yang dapat Anda coba. Bahan-bahan yang digunakan semuanya herbal dan memiliki manfaat masing-masing, sangat baik untuk kesehatan.

 

Bahan:

 

  • Jahe merah 15 gr
  • Lada hitam 20 gr
  • Cabe jawa 20 gr
  • Ginseng 30 gr
  • Air bersih 4 gelas

 

Cara mengolah:

 

  1. Bersihkanlah semua bahan di atas
  2. Rebus menggunakan wadah berisi air 4 gelas yang sudah Anda siapkan sebelumnya
  3. Anda rebus sampai mendidih, aduk-aduk supaya rata, hingga air tersisa Cuma dua gelas di panci
  4. Saring rebusan tersebut
  5. Anda minum sari rebusan bahan-bahan di atas 1 – 2x / hari, minum waktu pagi serta sore hari
  6. Tambahkan kuning telur 1 butir, madu murni 2 sdm, dengan begitu khasiat dari ramuan tersebut dapat lebih optimal

 

Ramuan di atas dapat mengobati gangguan pencernaan, stroke, menurunkan demam, mempercepat kadar kolesterol turun, diet, meningkatkan antibodi tubuh, meningkatkan stamina juga vitalitas orang dewasa, dan lain-lain. Sekian artikel tentang manfaat jahe merah, tumbuhan herbal yang sering terlupakan, semoga bermanfaat.

Manfaat Jahe Merah, Tumbuhan Herbal yang Sering Terlupakan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply