Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan.Ikan salmon terkenal sebagai ikan yang memiliki banyak sekali sumber nutrisi favorit. Bahkan Anda akan menemukan berbagai macam senyawa aktif yang baik bagi kesehatan. Sebut saja asam amino, asam lemak seperti Omega-3 yang berbentuk trigliserida, vitamin A, B dan C. Selain itu, masih banyak lagi kandungan baik yang terdapat pada hewan laut ini, seperti fosfor, selenium, zinc, besi dan kalsium. Semua nutrisi-nutrisi tersebut jika dikonsumsi memiliki efek yang baik bagi tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat ikan salmon untuk kesehatan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan

 

1. Mencegah peradangan
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan omega-3 pada ikan salmon dapat dikonversi oleh tubuh menjadi tiga jenis senyawa yang mampu mencegah terjadinya peradangan kronis. Selain itu, ikan yang lezat ketika di bakar ini juga memiliki senyawa bernama peptida bioaktif yang dapat menjaga kesehatan tulang rawan sendi, termasuk jaringannya. Bahkan, vitamin D yang terdapat pada ikan ini juga dapat menjadi agen utama sebagai pencegah terjadinya peradangan yang tidak diinginkan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif
Banyak penelitian yang menghubungkan antara omega-3 pada ikan salmon dengan fungsi kognitif, termasuk IQ dan senyawa decosahexaenoic (DHA) yang terdapat di dalam otak. Selain itu, mengkonsumsi ikan salmon juga dipercaya dapat mencegah terjadinya depresi, permusuhan dalam studi remaja dan penurunan kognitif pada usia lanjut (orang tua).

Dalam penelitian lainnya, DHA membuat senyawa khusus yang bernama protectins. Senyawa tersebut memiliki peran penting sebagai anti-inflamasi yang diproduksi oleh saraf. Dalam sebuah penelitian, omega-3 pada ikan salmon berperan mengkonversi DHA untuk memproduksi protectins. Selain itu, kandungan vitamin D pada salmon juga ternyata dapat menjadi faktor utama pendukung fungsi kognitif.

3. Mencegah kanker
Beberapa jenis kanker, seperti prostat dan kolorektal diteliti dapat dicegah dengan asupan vitamin D. Kabar baiknya, ikan salmon adalah salah satu asupan makanan yang sangat kaya akan vitamin D. Selain itu, omega-3 pada ikan laut ini juga dipercaya mampu secara efektif untuk melawan kanker. Terutama yang berhubungan dengan getah bening, seperti multiple myeloma, leukimia dan limfoma non-Hodgkins.

4. Menjaga kesehatan mata
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai penjaga kesehatan mata. Kandungan minyak ikan pada salmon mampu secara efektif meningkatkan penglihatan. Selain itu, lemak pada omega-3 diteliti berhubungan dengan kesehatan mata, termasuk degenerasi makula dan mata kering kronis. Bahkan, Anda dapat mencegah risiko degenerasi makula hanya dengan mengkonsumsi ikan salmon sebanyak dua porsi setiap minggu.

5. Menjaga kesehatan kardiovaskular
Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah berkenaan dengan kardiovaskular. Masalah kardiovaskular sendiri sebenarnya sangatlah banyak, sebut saja stroke, jantung, tekanan darah tinggi dan aritmia. Dalam banyak penelitian disebutkan, mengkonsumsi salmon dapat menurunkan risiko semua penyakit tersebut. Selain itu, omega-3 pada ikan lezat tersebut juga ternyata terkait dengan meningkatnya metabolik dalam tubuh yang berguna sebagai pencegah penyakit kardiovaskular. Bahkan, kandungan selenium yang bersifat antioksidan di dalam salmon berguna untuk melindungi kardiovaskular.

Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply