Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Seledri secara ilmiah disebut dengan nama Apium graveolens. Termasuk ke dalam jenis sayuran, seledri adalah tanaman dari keluarga Apiaceae. Selain dipakai sebagai tambahan dalam masakan, seledri juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Ingin tahu apa sajakah manfaat daun seledri untuk kesehatan manusia tersebut? Berikut daftarnya untuk Anda.

Manfaat daun seledri untuk kesehatan

Manfaat daun seledri untuk kesehatan

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Seledri mengandung senyawa unik bernama 3-n-butylphthailide (BuPh), yang dipercaya dapat membantu menurunkan lipid. Bahkan, para peneliti juga percaya ada senyawa yang lebih bermanfaat yang ada pada daun seledri. Baca juga Cara Alami Turunkan Kolesterol

 

  1. Sebagai agen anti-inflamasi

Kandungan polisakarida dan antioksidan pada seledri dapat menjadi anti-inflamasi alami yang kuat. Anti-inflamasi sendiri memiliki banyak sekali manfaat, khususnya untuk memerangi radikal bebas yang secara tidak langsung juga mencegah timbulnya kanker, penyakit jantung, arthritis, dan penyakit-penyakit umum lainnya.

 

  1. Membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi

Pada bagian dari daun seledri terdapat biji yang memiliki sifat anti-hipertensi, sehingga mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi (salah satu faktor terkena penyakit jantung koroner). Biji dari daun seledri sendiri diteliti mengandung beberapa senyawa baik, seperti metanol, hexanic, dan ekstrak equeous-ethanolic, yang juga dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

 

  1. Mencegah bisul

Manfaat daun seledri untuk kesehatan selanjutnya berkenaan dengan penyakit bisul. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Pharmaceutical Biology pada tahun 2010, disebutkan bahwa di dalam daun seledri terdapat ekstrak etanol yang dapat melindungi saluran pencernaan dari bisul.

 

  1. Menjaga kesehatan hati

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Nutrition and Food Science di Helwan University, Mesir, disebutkan bahwa tikus yang diberi makan seledri mengalami penurunan jumlah lemak berbahaya di dalam hati. Para peneliti juga melihat adanya peningkatan fungsi enzim hati, sehingga cocok diterapkan oleh penderita penyakit hati. Baca juga Cara Mengobati pembengkakan Hati secara Tradisional 

 

  1. Baik untuk diet

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, seledri cocok dijadikan salah satu makanan sehari-hari. Mengapa? Seledri memiliki kalori yang rendah dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur metabolisme lemak. Di antara nutrisi yang ada pada seledri adalah antioksidan, elektrolit, vitamin, dan mineral.

 

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Seledri juga memiliki kandungan yang dapat membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi. Efek diuretik yang ada pada seledri, terutama bagian bijinya dapat menjaga pencernaan dari banyak penyakit, termasuk juga kembung.

 

  1. Melawan infeksi

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh Journal of Pharmacy and Pharmacology pada tahun 2009, disebutkan bahwa seledri megandung komponen anti-mikroba yang dapat membantu melawan berbagai macam serangan infeksi, termasuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Bahkan, sifat anti-mirkoba pada seledri juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

 

  1. Membantu mencegah infeksi saluran kemih

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai obat bantuan untuk mengurangi asam urat, sekaligus membantu merangsang produksi urin. Selain mengobati infeksi saluran kemih, seledri juga dapat membantu mengobati masalah organ ginjal, bahkan juga kista pada organ reproduksi.


Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply