Manfaat Dan Syarat Donor Darah

Mungkin sebagian orang takut apabila melakukan donor darah. Tetapi sebenarnya donor darah mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan melakukan donor darah, maka kita akan memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar bisa membantu orang lain. Darah yang diambil sekitar 480 ml setelah semua diperiksa dan diuji keamanan serta kelayakannya dan akan diberikan kepada yang membutuhkan.

Manfaat Dan Syarat Donor Darah

Manfaat Dan Syarat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

     Menjaga Kesehatan Jantung dan Membuat Darah Mengalir lebih Lancar

Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah dan juga mencegah penyumbatan arteri. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang rutin mendonorkan darahnya mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 88%. Dan juga menurut dokter membuat tubuh kita jarang terkena penyakit dan terhindar dari penyakit kanker, stroke, dan serangan jantung dan juga membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil, karena tingginya zat besi dalam tubuh membuat rentan terkena penyakit jantung.

     Meningkatkan Produksi Sel darah

Ketika sel darah merah berkurang, maka sumsum tulang belakang segera memproduksi sel darah merah baru dan menggantikan yang hilang. Tubuh sudah menggantikan darah sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita mengganti darah baru yang segar.

     Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan

Dengan donor darah makan calon pendonor akan diperiksa terlebih dahulu berat badannya, tekanan darah, frekuensi nadi, kadar hemoglobin, dan pemeriksaan oleh dokter secara gratis. Hal ini akan menguntungkan bagi anda karena bisa mengetahui kesehatan anda.

     Jantung Sehat

Apabila melakukan donor darah akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung. Menurut American Journal of Epidemiology, bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung 33% lebih rendah kemungkinan menderita semua jenis penyakit kardiovaskular.

Syarat Donor Darah

  1. Syarat donor darah yang pertama adalah berusia antara 17-60 tahun. Pendonor darah yang berusia 17 tahun harus memiliki surat izin tertulis dari orang tua. Dan di atas 60 tahun dibutuhkan juga pertimbangan dokter
  2. Berat badan minimal 45 tahun
  3. Temperatur tubuh antara 36-37,5 derajat celcius
  4. Denyut nadi teratur antara 48-100 per menit
  5. Tekanan darah normal, sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg
  6. Hemoglobin tidak boleh kurang dari 12,5 gram (untuk pria) dan 12 gram (untuk wanita)
  7. Pendonor minimal sudah tidur malam minimal 5 jam
  8. Jumlah pendonor maksimal 5x dengan jarak penyumbangan darah sekurang-kurangnya 3 bulan.
  9. Memenuhi persyaratan medis.

Melakukan donor darah memang tugas mulia setiap orang. Anda tidak perlu ragu untuk menyumbangkan sebagian darah anda bagi orang lain demi kelangsungan hidup sesama. Jika anda memenuhi persyaratan maka jangan ditunda lagi.

Deskripsi : Donor darah adalah hal mulia yang dapat kita lakukan. Karena dengan donor darah maka banyak nyawa yang tertolong oleh kita.

Manfaat Dan Syarat Donor Darah | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply