Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Buah naga atau pitaya adalah salah satu dari jenis buah-buahan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Buah yang banyak tumbuh di dataran tinggi di Indonesia ini memiliki ciri-ciri yang unik, yaitu berwarna merah muda atau merah tua dengan sisik yang lunak. Ada banyak sekali manfaat buah naga untuk kesehatan dan beberapa diantaranya dapat Anda ketahui dalam pembahasan di bawah ini.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

  1. Kardiovaskular

Buah naga memiliki 2 kandungan asam lemak tak jenuh, yaitu asam omega-3 dan omega-3 asam lemak. Kedua jenis asam ini adalah lemak sehat yang dapat membantu tubuh mengurangi trigliserida serta mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin B yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Bukan hanya itu, buah berwarna merah ini juga mampu mengurangi tingkat oksidatif stres yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya penyakit kardiovaskular.

  1. Kanker

Manfaat buah naga untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan Kita tahu bersama bahwa radikal bebas adalah salah satu penyebab hadirnya berbagai jenis kanker. Selain itu, buah bersisik ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai penangkal pertumbuhan sel tumor.

Bukan hanya itu, buah naga juga dapat meningkatkan kualitas hidup para penderita kanker, seperti mengurangi mual, muntah dan hilangnya nafsu makan. Bahkan, sifat antioksidan yang terdapat pada biji buah naga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun logam berat di dalam tubuh, yang Kita ketahui bersama sebagai penyebab utama tumbuhnya tumor.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Melimpahnya mineral dan vitamin, seperti vitamin C, B1, B2, B3, fosfor, zat besi, niasin, serat dan kalsium adalah salah satu faktor banyaknya manfaat buah naga untuk kesehatan. Salah satu dampak dari mengkonsumsi buah naga ini adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh, yang tidak lain tidak bukan juga mempengaruhi kemampuan semua organ tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit.

  1. Mata

Buah naga mengandung vitamin A yang hadir dalam bentuk karoten. Senyawa karoten ini diteliti sebagai salah satu zat yang dibutuhkan oleh retina mata. Bahkan dalam perkembangannya, karoten pada buah naga diteliti mampu meningkatkan kemampuan mata dalam keadaan night vision (cahaya rendah) dan warna kontras. Masalah penyakit mata, seperti degenerasi makula dan rabun senja juga dapat dikurangi risikonya dengan mengkonsumsi buah merah ini.

  1. Gigi dan tulang

Manfaat buah naga untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Kandungan mineral kalsium tersebut juga disokong oleh senyawa forfor, sehingga manfaatnya untuk menguatkan jaringan tulang dan gigi semakin baik. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi buah naga dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit tulang, seperti tulang rapuh dan osteoporosis.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply