Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Delima adalah salah satu buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi baik. Buah dengan kumpulan biji kecil berwarna merah muda cerah ini biasa digunakan untuk bahan diet bagi banyak orang dengan berbagai macam penyakit. Bahkan tidak sedikit yang menjuluki buah ini sebagai buah surga. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat buah delima untuk kesehatan, Anda dapat menyimak pembahasan ringkas di bawah ini.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

  1. Mencegah penyakit jantung

Delima memiliki kandungan polifenol yang sangat kaya. Hal itu membuat buah merah tersebut memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri bermanfaat untuk mencegah paparan radikal bebas dari dinding arteri, sehingga penyakit jantung dapat dicegah. Selain itu, buah delima juga mampu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan pembentukan plak serta perkembangan penyakit arteri koroner.

  1. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi buah delima dapat mencegah aktivitas enzim angiotensin-converting serum, yang secara tidak langsung akan membuat tekanan darah menurun. Selain itu, asam punicic yang terdapat pada buah ini juga dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, termasuk juga menurunkan tekanan darah. Bahkan dalam sebuah studi disebutkan bahwa buah delima dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien yang memiliki kadar diabetes dan kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

  1. Mencegah kanker

Ada banyak jenis kanker yang diteliti dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah delima, diantaranya adalah kanker paru-paru, prostat, kulit dan payudara. Selain itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengkonsumsi jus buah delima mampu menurunkan pertumbuhan sel tumor, sekaligus menginduksinya.

  1. Baik untuk pencernaan

Manfaat buah delima untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga pencernaan Anda tetap sehat. Hal ini karena buah delima memiliki kandungan serat yang kaya, sehingga dapat menjaga pencernaan tetap lancar. Mengkonsumsi satu buah delima, sekitar 20 hingga 35 gram dapat memenuhi nilai harian tubuh akan serat hingga mencapai 45%.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan senyawa anti-inflamasi yang kaya, buah delima sangat baik untuk penderita gangguan kekebalan tubuh, terkait dengan penyakit osteroarthritis dan rheumatoid arthritis. Delima juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi antibodi dan imunitas.

  1. Meningkatkan libido

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Queen Margatet University disebutkan bahwa jus delima dapat meningkatkan kadar testosteron untuk pria maupun wanita. Hal tersebut mungkin yang menyebabkan buah ini sering dipakai untuk simbol kesuburan.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah delima untuk kesehatan seanjutnya yang tidak kalah menarik adalah sebagai pencegah penuaan dini, termasuk keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Senyawa polifenol yang terdapat pada buah merah ini mampu menjadi antioksidan kuat yang dapat menangkal berbagai jenis kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Menurunkan tingkat stres

Menurunkan stres adalah manfaat buah delima untuk kesehatan yang terakhir. Dengan banyak kandungan baik di dalamnya, buah delima diteliti dapat mengurangi stres oksidatif pada tubuh bagian dalam, sekaligus menurunkan stres psikologis akibat menjalani hidup.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply