Manfaat Air Putih untuk Kesahatan

Seperti yang Kita ketahui bersama, air adalah salah satu komponen utama yang ada pada tubuh manusia. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa 55 hingga 78 persen tubuh manusia terdiri dari air. Oleh sebab itu, mengkonsumsi air setiap hari adalah sebuah keharusan. Selain itu, ada banyak sekali manfaat air putih untuk kesehatan, sehingga sangat sayang jika Anda meremehkannya.

 

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

Manfaat Air Putih untuk Kesahatan

 

  1. Menghilangkan kelelahan dan dehidrasi

Kelelahan adalah dampak awal yang terjadi jika tubuh mengalami dehidrasi. Sedangkan dehidrasi sendiri diakibatkan kurangnya tubuh akan asupan air. Oleh sebab itu, jika Anda selalu merasa kelelahan, Anda bisa mulai dengan konsisten mengkonsumsi air.

Secara rinci, ketika tubuh kekurangan air, maka volume darah akan menurun. Walhasil jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh. Secara tidak langsung, hal tersebut juga mengakibatkan organ-organ lainnya bekerja lebih keras.

 

  1. Meningkatkan mood

Dalam penelitian disebutkan bahwa dehidrasi ringan dapat membuat suasana hati menjadi negatif. Oleh sebab itu, orang yang kehausan akan lebih cepat marah. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition disebutkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan buruknya suasa hati dan menurunnya fungsi kognitif.

 

  1. Obat sakit kepala dan migrain

Manfaat air putih untuk kesehatan selanjutnya berkenaan dengan sakit kepala dan migrain. Perlu Kita ketahui terlebih dahulu bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Oleh sebab itu, pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan ketika terkena sakit kepala ataupun migrain adalah dengan minum banyak air putih.

 

Jika Kita melihat pada studi yang dilakukan oleh European Journal of Neurology, Kita akan tahu bahwa Mereka mengumumkan bahwa hasil penelitan menyebutkan jika peningkatan asupan air putih dapat mengurangi intensitas sakit kepala.

 

  1. Untuk pencernaan dan sembelit

Kurangnya mengkonsumsi air dapat menyebabkan terjadinya sembelit. Namun sebaliknya, mengkonsumsi air putih secara teratur dan konsisten dapat meningkatkan fungsi pencernaan, sekaligus meningkatkan metabolisme, sehingga makanan dapat benar-benar terpecah.

 

  1. Meningkatkan fungsi ginjal

Fungsi dan manfaat air putih untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai pelarut sampah dan racun yang ada pada tubuh. Sebagian besar nantinya akan dikeluarkan melalui urin dan keringat.

 

Secara tidak langsung, air putih yang Kita konsumsi dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal sekaligus mengurangi risiko terkena batu ginjal. Namun begitu, para ahli menyarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi air putih, karena bisa saja menyebabkan berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring limbah.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat air untuk kesehatan selanjutnya bisa Anda rasakan pada kulit. Ketika kulit kekurangan air atau dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan kusam. Namun sebaliknya, dengan mengkonsumsi air secara teratur, yaitu sekitar 13 gelas setiap hari, maka jaringan kulit Anda akan sehat, lembab sekaligus kenyal (elastis).

Manfaat Air Putih untuk Kesahatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply