Manfaat Air Kelapa Muda

Salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia adalah air kelapa muda. Selain menyegarkan, air kelapa muda juga sangat menyehatkan. Di dalam air kelapa muda terdapat banyak sekali senyawa yang baik bagi tubuh. Mulai dari vitamin C, B kompleks, asam amino, enzim, antioksidan, kalium, kalsium, mangan, seng, hingga magnesium. Oleh sebab itu, ada banyak sekali manfaat air kelapa muda bagi tubuh manusia. Di antaranya bisa Anda ketahui pada pembahasan di bawah ini.

Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda

  1. Mengatasi dehirasi

Bila Anda haus, maka air kelapa muda bisa menjadi cara paling ampuh untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan kandungan pada air kelapa muda yang dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Itu berarti, air kelapa muda juga dapat mengatasi kekurangan cairan yang disebabkan oleh diare, muntah, serta keringat berlebih. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung karbohidrat, sehingga dapat membantu menjaga energi tubuh.

 

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa muda selanjutnya berkenaan dengan kontrol tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin C, magnesium, dan kalium pada air kelapa muda dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, khususnya untuk senyawa kalium. Dalam sebuat studi yang diterbitkan oleh West Indian Medical Journal tahun 2005 menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat membantu mengontrol hipertensi. Setidaknya konsumsi secangkir air kelapa muda setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Baik untuk jantung

Air kelapa muda juga memiliki sifat kardioprotektif. Itu berarti air kelapa muda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu tubuh mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food tahun 2012, disebutkan bahwa air kelapa muda dapat memberi efek baik pada metabolisme lipid, yaitu dapat melawan peningkatan total kolesterol, lipoprotein, LDL, dan trigliserida.

 

Kandungan pada air kelapa muda juga bersifat antioksidan, antiplatelet, dan anti-inflamasi, sehingga cocok untuk mengurangi pembentukan plak pada arteri, sehingga risiko serangan jantung dan stroke dapat dikurangi.

 

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat air kelapa muda selanjutnya cocok bagi Anda yang ingin diet. Hal ini dikarenakan kandungan air kelapa muda yang rendah kalori dan mengandung berbagai enzim bioaktif yang baik untuk pencernaan dan peningkatan metabolisme tubuh terhadap lemak. Air kelapa muda juga terkenal mengandung potasium, yang dapat membantu mengimbangi natrium dalam tubuh. Menurut penelitian, kelebihan natrium dapat membuat tubuh cenderung retensi air. Selain itu, air kelapa muda juga dapat melakukan flush pada tubuh, sehingga racun dapat dihilangkan.

Baca juga Manfaat Air Kelapa Hijau

  1. Mengobati sakit kepala

Manfaat air kelapa muda yang terakhir pada pembahasan ini adalah untuk mengatasi sakit kepala, termasuk juga migrain yang disebabkan oleh dehidrasi. Selain karena kandungannya yang dapat menggantikan elektrolit di dalam tubuh, air kelapa muda juga kaya akan magnesium yang diteliti bila tubuh kekurangan zat tersebut dapat membuat kepala mengalami migrain.

Manfaat Air Kelapa Muda | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply