Manfaat Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau memiliki sedikit perbedaan dengan air kelapa biasa atau kelapa muda. Hal ini bisa dilihat dari bagian dagingnya yang sebagian berwarna merah muda. Rasa dari airnya pun sedikit pahit dibandingkan dengan kelapa muda. Meski begitu, dari sisi kandungannya, air kelapa hijau memiliki manfaat yang melimpah bagi tubuh. Minuman menyegarkan ini kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, juga mengandung tannin yang dipercaya sebagai zat anti racun. Ada pula protein, karbohidrat, dan asam amino. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti daftar manfaat air kelapa hijau berikut.

Kelapa Hijau

Kelapa Hijau

  1. Sebagai antiseptik dan anti-virus

Dalam penelitian ilmiah dengan subjek yang minim, disebutkan bahwa ada bukti anekdotal bahwa air kelapa hijau dapat digunakan sebagai antiseptik. Bahkan, dengannya juga bisa digunakan untuk transfusi darah, dikarenakan sifatnya yang steril serta memiliki kemiripan dengan plasma manusia. Ini dibuktikan dalam sejarah, ketika Perang Dunia II banyak tentara yang terluka di pulau-pulau Pasifik menggunakan air kelapa hijau saat kedaan darurat. Penelitian ilmiah tersebut menunjukkan bahwa air kelapa hijau dapat dijadikan senyawa anti-virus.

 

  1. Menghidrasi tubuh

Kandungan mineral yang melimpah pada air kelapa hijau, mulai dari kalium, kalsium, natrium, magnesium fosfor, hingga mangan menjadikan air kelapa hijau sebagai salah satu minuman pengganti energi tubuh, sehingga membuatnya efektif sebagai cairan untuk menghidrasi tubuh. Oleh sebab itu, tidak salah menjadikan air kelapa hijau sebagai minuman selepas olahraga. Terlebih air ini juga rendah kolesterol dan gula. Bahkan Food and Agriculture Organization of the United Nations mematenkan bahwa air kelapa hijau merupakan minuman olahraga alami.

 

  1. Mengobati mual dan muntah

Saat mual dan muntah, tubuh kemungkinan besar akan mengalami dehidrasi diakibatkan kurangnya cairan di dalam tubuh. Terlebih pada kasus mual dan muntah akibat tifoid, influenza, dan malaria. Di sini, manfaat air kelapa hijau dapat berguna untuk membantu mengatasi mual dan muntah dengan efektif, termasuk mengembalikan cairan yang hilang. Bahkan, air kelapa hijau juga dapat berguna sebagai diuretik, serta baik untuk mengatasi gangguan pada perut.

 

  1. Sebagai pembersih alami tubuh

Campuran air kelapa hijau dan minyak zaitun dipercaya dapat membantu menghilangkan parasit serta cacing pada usus. Khasiat dari air kelapa hijau yang satu ini sendiri masih dalam proses penelitian lebih lanjut. Namun tidak ada salahnya bagi Anda yang sedang diet untuk mencobanya. Namun tentu lebih baik bila Anda menanyakannya dahulu pada dokter terdekat.

 

  1. Mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa hijau selanjutnya berhubungan dengan batu ginjal. Dikarenakan tingginya kandungan kalium pada air kelapa hijau, maka air ini dipercaya dapat membantu melarutkan batu ginjal. Hal ini dikarenakan sifat kalium yang mengalir dalam urin membantu mencegah limbah pada pencernaan melekat pada dinding ginjal, sehingga ginjal lebih terlindungi.

Manfaat Air Kelapa Hijau | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply