Makanan yang dapat Menyembuhkan Sakit Maag

Maag atau gastritis merupakan salah satu masalah lambung yang banyak diidap masyarakat Indonesia. Ada banyak hal yang menyebabkan penyakit ini muncul. Di antaranya adalah adanya infeksi yang ditenggarai oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Bisa juga karena penggunaan obat anti-inflamasi, terapi radiasi, cedera fisik, hingga luka bakar.

Makanan yang dapat Menyembuhkan Sakit Maag

Makanan yang dapat Menyembuhkan Sakit Maag

Sedangkan gejalanya sendiri meliputi kembung, mulas, bersendawa, mual, penurunan berat badan, kurang nafsu makan, muntah, dan selainnya. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya periksa ke dokter dan imbangi dengan mengonsumsi makanan yang dapat menyembuhkan sakit maag berikut ini.

 

  1. Kubis

Kubis mengandung asam laktat, yang bisa membantu membentuk asam amino, yang dapat merangsang aliran darah ke lapisan lambung. Hal tersebut membuat kubis dapat memperkuat lapisan pada lambung, sekaligus menyembuhkan maag. Kubis juga mengandung vitamin C yang dipercaya baik untuk melawan bakteri H. Pylori.

 

  1. Pisang

Buah pisang juga dipercaya bisa menyebuhkan sakit maag. Buah berwarna kuning ini diteliti mengandung senyawa yang bersifat antibakteri, sehingga bisa menghambat pertumbuhan bakteri H. Pylori. Pisang juga bisa membantu melindungsi sistem pada lambung, dengan cara menghilangkan cairan yang terlalu asam pada lambung. Hal tersebut secara tidak langsung membuat peradangan berkurang dan lapisan pada lambung menguat. Baca selengkapnya Manfaat buah pisang bagi tubuh kita

 

  1. Cabai rawit

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa cabai juga bisa dijadikan makanan yang dapat menyembuhkan sakit maag. Namun hal tersbeut bisa sangat benar. Menurut Critical Reviews in Food Science and Nutrition, kandungan capsaicin pada cabai rawit dipercaya bisa menghambat sekresi pada asam lambung, meningkatkan produksi alkali, sekaligus merangsang sekresi lendir serta aliran darah mukosa lambung, sehingga penyakit maag bukan saja dapat disembuhkan, namung juga dicegah.

 

  1. Bawang putih

Menurut para peneliti Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, senyawa pada bawang putih yang bersifat antimikroba dan antibakteri dipercaya bisa menjaga kadar perkembangan H. Poylori, sehingga penyakit maag bisa disembuhkan dan dicegah.

 

  1. Madu

Madu, khususnya madu mentah dipercaya juga baik untuk dikonsumsi saat terkena penyakitr maag. Kandungan enzim pada madu, yang bernama hidrogen peroksida di percaya bisa membunuh berbagai bakteri berbahaya penyebab penyakit maag. Madu juga bisa menenangkan, sekaligus mengurangi peradangan pada lapisan lambung. Baca selengkapnya Manfaat Madu untuk Kesehatan

 

  1. Kelapa

Baik daging kelapanya maupun santannya bisa Anda konsumsi untuk mengatasi masalah penyakit maag. Kelapa sendiri memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga kelapa dapat memerangi bakteri penyebab maag. Kelapa juga mengandung senyawa bersifat anti-ulkus.

Baca juga Tips : Cara Alami Mengobati Penyakit Maag 

  1. Licorice

Makanan yang dapat menyembuhkan sakit maag yang terakhir adalah licorice, tanaman herbal yang sangat terkenal di dunia. Licorice dapat menyembuhkan, sekaligus mencegah sakit maag, karena dapat membantu perut dan usus memproduksi lendir untuk melindungi lambung, sehingga proses penyembuhan maag bisa berjalan dengan cepat. Biasanya licorice dijual dalam bentuk bubuk yang dapat diseduh.

Makanan yang dapat Menyembuhkan Sakit Maag | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply