Makanan untuk Merawat kesehatan Gigi

Makanan untuk Merawat kesehatan Gigi. Sakit gigi dapatdiakibatkan oleh banyak penyebab, mulai dari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, seperti nasi, roti, sereal, soda, kue dan permen hingga disebabkan oleh bakteri yang menumpuk. Selain itu, makanan-makanan yang bersifat asam juga dapat mengikis enamel gigi, sehingga warna gigi semakin gelap. Sebagai langkah mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, Anda dapat mengkonsumsi makanan untuk merawat kesehatan gigi di bawah ini.

Makanan untuk Kesehatan Gigi

Makanan untuk Kesehatan Gigi

  1. Apel

Mengkonsumsi apel dapat merangsang gusi sehingga air liur diproduksi lebih banyak. Dengan banyaknya air liur, mulut Anda, termasuk gigi dan lidah akan lebih bersih dari plak-plak yang melekat akibat sisa-sisa makanan. Selain itu, buah apel juga memiliki banyak sekali vitamin dan mineral, sehingga khasiatnya bukan hanya baik untuk gigi, namun juga untuk tubuh secara keseluruhan.

 

  1. Wortel dan seledri

Dengan mengkonsumsi dua bahan dapur ini, mulut Anda akan lebih banyak memproduksi air liur sehingga senyawa asam yang dikeluarkan oleh bakteri dapat dinetralkan. Selain itu, konsisten mengunyah wortel dan seledri juga baik untuk membersihkan sela-sela gigi dan gusi.

 

  1. Keju

Makanan untuk merawat kesehatan gigi lainnya adalah keju. Olahan fermentasi susu ini mengandung kalsium yang penting bagi tulang dan gigi. Selain itu, kandungan kalsiumnya juga dapat melapisi permukaan gigi, sehingga gigi akan lebih kuat, kokoh dan tidak mudah digerogoti oleh kuman dan bakteri.

 

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang mampu membunuh bakteri-bakteri pada mulut penyebab berbagai masalah gigi. Selain itu, teh hijau juga dapat menjaga Anda dari terkena bau mulut dan semisalnya.

 

  1. Susu

Seperti yogurt, susu juga kaya akan kalsium. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi susu secara konsisten, Anda dapat menjaga gusi dari periodontal serta menguatkan tulang rahang mulut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mencari susu rendah lemak dan bebas dari zat-zat tambahan, seperti perasa dan gula.

 

  1. Buah kiwi

Buah kiwi dapat Anda jadikan salah satu makanan untuk merawat kesehatan gigi. Kandungan vitamin C pada buah ini dapat memenuhi 100 persen kebutuhan harian tubuh. Di sisi lain, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rusaknya jaringan kolagen pada gusi serta membuatnya lebih rentan terkena penyakit periodontal.

 

  1. Air putih

Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur setiap hari, sekitar 8 hingga 10 gelas, maka Anda bisa menjaga tubuh dari dehidrasi (salah satu penyebab bau mulut) serta mempertahankan rangsangan produksi air liur. Selain itu, meminum air putih juga dapat melarutkan plak dan bakteri yang ada pada gigi dan gusi.

 

  1. Telur, unggas dan daging sapi

Makanan untuk merawat kesehatan gigi yang terakhir adalah berbagai macam olahan yang kaya akan forfor, seperti telur, unggas dan daging sapi tanpa lemak. Fosfor di sini nantinya berguna untuk menyeimbangkan kadar tingkat keasaman (pH) pada mulut serta menahan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Makanan untuk Merawat kesehatan Gigi | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply