Makanan untuk Menurunkan Hipertensi

Ada banyak makanan yang dapat Anda jadikan asupan baik melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bahkan diantara makanan-makanan tersebut juga dapat menanggulangi tekanan darah rendah, sehingga tekanan darah yang Kita miliki berada di batas yang normal. Makanan-makanan tersebut sudah diteliti dalam sebuah studi bernama DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) oleh NIH dan beberapa makanan untuk menurunkan hipertensi itu bisa Anda ketahui pada pembahasan kali ini.

Makanan untuk Menurunkan Hipertensi

Makanan untuk Menurunkan Hipertensi

  1. Seledri

Baik pengobatan tradisional dari Cina maupun dokter modern telah merekomendasikan bahwasanya seledri dapat dijadikan obat alami untuk menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dibuktikan dari penelitian dimana seledri mengandung zat yang bernama phytochemical. Zat tersebut mampu mengendurkan jaringan-jaringan otot yang terdapat pada dinding arteri. Dengan pengenduran tersebut, aliran darah akan lebih lancar dan tekanannya menjadi menurun.

  1. Ikan laut

Ikan laut atau air dingin memiliki kandungan omega-3 yang sangat kaya. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai anti-inflamasi, sekaligus sebagai obat mujarab untuk kardiovaskular. Selain itu, omega-3 juga memiliki peran yang baik untuk mengurangi risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Anda bisa memilih ikan laut apa saja, seperti tuna, halibut, salmon, sarden ataupun mackerel.

  1. Brokoli

Sudah tidak terelakan lagi bahwa brokoli adalah salah satu bahan makanan yang tidak hanya lezat namun juga mengandung banyak nutrisi baik. Bahkan banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sayuran ini termasuk dalam super food yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, brokoli juga disebutkan bisa menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak, mulai dari kalsium, kalium, serat, vitamin C hingga magnesium, brokoli mampu menurunkan tekanan darah bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian, dimana secangkir brokoli mampu menyediakan kebutuhan harian tubuh akan vitamin C hingga 200 persen. Dari situ Kita tahu bahwa vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Gandum

Makanan untuk menurunkan hipertensi selanjutnya adalah gandum. Gandum sendiri mengandung magnesium, kalsium, kalium dan serat melimpah yang mampu  menurunkan tekanan darah.

  1. Buah

Tidak terbayangkan lagi bahwa setiap jenis buah adalah sumber nutrisi yang sangat sempurna. Mulai dari bluberi, raspberi hingga stroberi adalah beberapa diantaranya. Selain itu ada pula jeruk, apel dan semangka yang memiki kandungan vitamin C, serat dan kalium yang melimpah. Semua buah tersebut bukan hanya bisa dijadikan makanan untuk menurunkan hipertensi, namun juga sebagai pencegah penyakit berat lainnya.

  1. Susu rendah lemak

Makanan untuk menurunkan hipertensi yang terakhir adalah susu rendah lemak. Ada beberapa jenis susu rendah lemak yang dapat Anda konsumsi, yaitu susu, keju dan yogurt. Tiga jenis susu ini mampu menurunkan hipertensi. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard medical School pada tahun 2006 disebutkan bahwa mengkonsumsi 3 porsi susu rendah lemak setiap hari dapat menjadikan tekanan darah mengalami sistolik sebesar 2,6 poin.

Makanan untuk Menurunkan Hipertensi | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply