Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang benar-benar sangat penting. Fungsinya sebagai pemompa darah membuat jantung menjadi organ yang sangat rentan terkena penyakit. Bahkan bisa Kita temui dalam jurnal-jurnal medis bahwasanya di Amerika, penyakit jantung adalah pembunuh utama. Oleh sebab itu, adalah penting untuk merawat jantung tetap sehat. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan untuk menjaga kesehatan jantung.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Yogurt

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah sakit gusi. Sedangkan yogurt dapat berkhasiat untuk melindungi gusi dari berbagai penyakit. Bahkan, ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa probiotik yang terdapat pada yogurt berperan dalam membantu melawan berbagai bakteri yang ada di mulut. Selain itu, probiotik juga diteliti dapat menjaga kesehatan gusi.

  1. Kismis

Selain yogurt, yang berhubungan dengan menjaga kesehatan gusi lainnya adalah kismis. Kismis ini nantinya mampu melawan pertumbuhan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit dan peradangan gusi. Selain itu, perlu diketahui bahwa 50 persen orang dewasa yang mengidap penyakit gusi memiliki risiko dua kali lipat lebih besar untuk memiliki masalah jantung.

  1. Biji-bijian

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah keluarga biji-bijian. Dalam banyak penelitian, biji-bijian mengandung banyak kandungan baik, seperti antioksidan, pitosterol, fitoestrogen dan serat. Dari komposisi tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa keluarga biji-bijian sangat baik untuk dijadikan diet sekaligus makanan pencegah masalah jantung.

Serat yang terkandung pada biji-bijian memiliki banyak sekali mangfaat dan salah satunya adalah sebagai diet dengan risiko penyakit jantung yang rendah. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di universitas Harvard, disebutkan bahwa 40 persen orang-orang yang melakukan diet tinggi serat memiliki kemungkinan terkena risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibandingkan Mereka yang tidak menambahkan nutrisi serat pada porsi makan dietnya.

  1. Ikan salmon

Makanan untuk menjaga kesehatan jantung lainnya adalaah dari keluarga ikan-ikanan, terkhusus ikan yang mengandung banyak nutrisi omega-3, seperti ikan salmon dan tuna. Dalam sebuah studi disebutkan bahwasanya omega-3 dapat menjaga detak jantung tetap teratur dan juga menjaga tekanan darah tetap normal.

Selain ikan salmon dan tuna, Anda juga bisa menemukan omega-3 dalam berbagai macam jenis minyak dan kacang, seperti minyak biji rami, canola dan kenari.

  1. Coklat hitam

Coklat hitam yang kaya akan flavanol dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) dan juga mampu memberikan efek pengencer darah. Pengencer darah ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi diumumkan bahwa, orang-orang Kuna yang berada di kepulauan San Blas, lepas pantai Panama memiliki risiko terkena penyakit jantung sembilan kali lebih kecil dibandingkan yang tinggal di Panama. Hal tersebut dikarenakan orang-orang Kuna banyak meminum minuman dari campuran kakao.

Bukan hanya itu, coklat hitam juga diyakini sebagai salah satu makanan untuk menjaga kesehatan jantung karena senyawa epicatechin yang terdapat padanya mampu untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan pembuluh darah.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply