Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjaga kekebalan tubuh adalah sesuatu yang penting jika Anda tidak ingin terkena banyak penyakit. Selain itu, kekebalan tubuh juga mampu menjadi pertahanan bagi tubuh dari serangan berbagai virus dan bakteri. Oleh sebabnya, penting bagi Kita untuk selalu menjaga kekebalan tubuh atau imunitas tetap berada pada batas yang normal. Beberapa diantara cara yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nutrisi. Selain itu, Anda juga bsia mengkonsumsi beberapa makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di bawah ini. Makanan yang alami lebih baik dibandingkan mengkonsumsi obat ataupun kapsul vitamin.

Beberapa Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

  1. Yogurt

Yogurt sudah diteliti sejak lama mengandung bakteri sehat bernama probiotik. Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus dari berbagai macam kuman penyebab penyakit. Selain itu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Vienna disebutkan bahwa mengkonsumsi yogurt sebanyak 7 ons setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Gandum

Salah satu jenis biji-bijian ini mengandung senyawa yang bernama beta-glucan. Senyawa ini sejenis serat yang memiliki kemampuan sebagai antimikroba dan antioksidan yang kuat. Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang baik tersebut, Anda dapat menjadikan gandum sebagai makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, gandum dapat Anda jadikan sebagai obat untuk menyembuhkan luka dalam waktu yang cepat, sekaligus sebagai antibiotik yang bekerja dengan baik.

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan senyawa yang bernama allicin. Senyawa ini dapat melawan hadirnya bakteri dan infeksi. Selain itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan berbagai jenis kanker.

makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh

makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh

  1. Teh hitam

Teh hitam memiliki ciri khas berupa kadar kafein yang rendah dibandingkan jenis teh lainnya. Selain itu, teh hitam juga mengandung banyak kadar asam amino yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kekebalan tubuh.Bahkan, teh hitam juga mengandum antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

  1. Ikan

Tiram, lobster, kerang dan kepiting mengandung banyak senyawa selenium yang dapat membantu sel darah putih membuat sitokin-protein. Sitokin ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai macam virus flu. Sedangkan ikan salmon, mackerel dan sarden sangat kaya akan omega-3 asam lemak. Omega-3 diteliti dapat mengurangi terjadinya peradangan, meningkatkan aliran udara dan melindungi paru-paru dari infeksi saluran pernapasan dan flu.

  1. Daging

Makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh selanjutnya adalah daging. Salah satu kandungan daging yang paling bermanfaat adalah zinc atau seng. Zinc disini berperan sangat penting bagi tubuh, termasuk untuk sel-sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa zat besi pada daging mampu melawan berbagai macam virus dan bakteri.

Anda dapat mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak sebanyak 3 ons setiap hari. Dari 3 ons daging tersebut, Anda akan mendapatkan setidaknya 30% kebutuhan harian tubuh akan zinc.

Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply