Makanan untuk Mengurangi Kolesterol jahat

Kolesterol memiliki peran yang penting bagi tubuh. Namun ketika kolesterol hadir dengan jumlah yang berlebih, maka yang terjadi adalah munculnya berbagai macam penyakit, seperti jantung dan stroke. Meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh sendiri disebabkan oleh banyak hal dan semuanya termasuk ke dalam pola hidup. Untuk mencegahnya, ada beberapa makanan untuk mengurangi kolesterol jahat yang dapat Anda terapkan setiap hari.

makanan untuk mengurangi kolesterol jahat

makanan untuk mengurangi kolesterol jahat

1. Minyak zaitun, alpukat, minyak canola, kacang
Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah peningkatan kolesterol adalah dengan mengganti lemak jenuh dari hewan dan makanan berkolesterol dengan makanan yang memiliki lemak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kacang dan alpukat. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol hingga 18 persen.

2. Beras dan oat
Beras dan oat (gandum) telah terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Anda bisa mengkonsumsi makanan tersebut pada pagi hari sebagai sarapan. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi roti dan sereal sebagai cemilan sembari sebagai makanan diet kolesterol. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, Anda bisa mengurangi kadara kolesterol sebesar 7 hingga 14 persen.

3. Bawang putih
Dalam sebuah penelitian diumumkan bahwa mengkonsumsi bawang putih kurang dari 900 mg setiap hari mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 9 hingga 12 persen. Anda bisa memberikan beberapa siung bawang putih pada berbagai jenis masakan sehari-hari.

4. Almond
Makanan untuk mengurangi kadar kolesterol selanjutnya adalah dengan menggunakan kacang almond. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa mengkonsumsi setengah cangkir almond mampu mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen. Selain itu, ada studi lainnya yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi almond sebanyak seperempat cangkir mampu menggurangi kolesterol hingga 5 persen.

Dari penelitian tersebut Kita tahu bahwa kacang almond dapat dijadikan cemilan yang bermanfaat bagi tubuh. Namun begitu, Anda tidak boleh memakan kacang almond ini secara berlebihan, karena bisa berdampak sebaliknya.

5. Tomat dan semangka
Sayuran tomat dan buah semangka adalah contoh dari bahan makanan yang kaya akan likopen. Senyawa likopen ini bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol LDL. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian, dimana mengkonsumsi makanan dengan likopen tinggi mampu mengurangi kolesterol 15, 16 hingga 17 persen.

6. Kacang kenari dan pistachio
Kacang kenari dan kacang pistachio dapat Anda jadikan makanan untuk mengurangi kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi 30 gram kenari, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 10 persen.

7. Teh hijau
Makanan untuk mengurangi kolesterol jahat yang terakhir adalah teh hijau. Biasanya teh jenis ini dihidangkan pada pagi hari dan ditujukan untuk memberi efek hangat pada tubuh. Namun lebih dari itu, teh hijau memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan salah satunya sebagai bahan herbal pengurang kolesterol jahat. Meskipun dampaknya hanya 2 hingga 5 persen, namun minuman ini sangat mudah didapat dan dikonsumsi. Selain itu, harganya pun bersahabat untuk semua kalangan.

Makanan untuk Mengurangi Kolesterol jahat | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply