Makanan untuk Kulit Lembut dan Sehat

Kulit merupakan organ terluar dari tubuh manusia. Dengannya bagian dalam dari tubuh kita terlindungi dengan baik dari terpaan benda luar. Oleh sebab itu, tidak salah jika kita menjaga dan merawatnya, agar tetap sehat, bahkan lembut dan cerah. Untuk itu, pada pembahasan kali ini, Anda diajak untuk mengetahui kiranya apa saja makanan untuk kulit lembut dan sehat yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Makanan untuk kulit lembut dan sehat

Makanan untuk kulit lembut dan sehat

  1. Kubis

Kubis terkenal akan kandungan vitamin K yang tinggi. Selain itu, kubis juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat mencegah bengkak. Kubis juga mengandung sulfur yang dapat mencegah kemerahan pada kulit, pengelupasan, bahkan kubis juga dipercaya dapat menangkal kanker dan menjaga sirkulasi darah.

 

  1. Mangga

Buah mangga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, sehingga kulit dapat lebih halus dan tampak muda. Selain itu, mangga juga memiliki kandungan karotenoid, sehingga dapat meningkatkan warna kulit dan mencerahkan kulit yang kusam.

 

  1. Tomat

Menurut sebuah studi pada tahun 2012, disebutkan bahwa perempuan yang melakukan diet dengan mengonsumsi tomat mengalami peningkatan perlindungan kulit, kemerahan berkurang, dan kerusakan DNA akibat sinar ultraviolet pun berkurang. Hal ini kemungkinan akibat kandungan lycopene dan antoksidan padanya yang dipercaya dapat melindungi kulit dari radiasi UV.

 

  1. Paprika merah

Paprika merah kaya akan vitamin C. Sedangkan vitamin C sendiri diteliti oleh para ilmuwan dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, sekaligus mencegah kulit kendur, sehingga kulit lebih sehat nan lembut. Selain itu, vitamin C juga populer sebagai agen pencegah peradangan.

 

  1. Bluberi

Salah satu masalah yang timbul bagi orang-orang yang menginginkan kulit yang halus adalah jerawat. Di sinilah bluberi dapat membantu kulit unuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, bluberi cocok dijadikan makanan untuk melawan jerawat, sekaligus menghilangkan racun. Selain itu, antoksidan juga dipercaya dapat membantu memproduksi kolagen dan mncegah kulit dari serangan radikal bebas.

 

  1. Cokelat hitam

Makanan untuk kulit lembut dan sehat selanjutnya adalah cokelat hitam. Menurut profesor di University of Nottingham, cokelat hitam dipercaya bisa melembabkan kulit, mengurangi kemerahan, sekaligus juga melembutkan kulit yang kasar. Hal ini dikarenakan kandungan flavanol pada cokelat hitam yang tinggi. Bahkan favanol juga dipercaya bisa mengurangi kelelahan dan efek penuaan.

Baca juga :

 

  1. Kacang dan biji

Keluarga kacang dan biji diteliti kaya akan vitamin, khususnya A dan E. Dua vitamin ini dipercaya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kacang dan biji juga kaya akan lemak baik, yang dapat mencegah kulit dari kekeringan, sehingga terjaga kelembutannya.

 

  1. Ikan

Makanan untuk kulit lembut dan sehat yang terakhir pada artikel kali ini jatuh pada ikan, khususnya ikan laut, seperti tuna, sarden, salmon, dan mackerel. Menurut para peneliti, ikan-ikan tersebut kaya akan asam lemak omega-3. Sedangkan senyawa tersebut sendiri dipercaya baik untuk menangkal radikal bebas, menjaga kulit tetap elastis, dan mencegah keriput.

Makanan untuk Kulit Lembut dan Sehat | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply