Makanan Penambah Darah Yang Aman Dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Apabila anda merasa lemas dan lelah, mungkin anda mengalami kurang darah. Maka dari itu anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan penambah darah yang banyak mengandung zat besi adalah solusi utamanya. Rendahnya sel darah merah di dalam tubuh disebabkan karena kekurangan zat besi. Akibat dari kekurangan zat besi tersebut adalah tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang fungsinya membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Bukan hanya kekurangan zat besi saja, anemia juga dapat disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin B12, asam folat, dan protein yang cukup.

makanan penambah darah

makanan penambah darah

Makanan Penambah Tekanan Darah

Ada beberapa makanan penambah tekanan darah yaitu :

  1. Jambu Biji

Kandungan vitamin C pada jambu biji membantu memperbanyak produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Daging

daging merupakan makanan yang sangat baik dalam menambah tekanan darah di dalam tubuh karena mengandung protein dan zat besi, maka dari itu daging sangat efektif untuk menambah Hb dalam tubuh, misalnya daging sapi, daging kambing.

  1. Kacang-kacangan

Dalam kacang-kacangan mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb dalam tubuh.

  1. Air Putih

Berkurangnya cairan di dalam tubuh dapat mempengaruhi tekanan darah. Maka minumlah air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari.

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Pada ibu hamil biasanya mengalami lemah, lesu dan kadang ingin pingsan. Ibu hamil memang membutuhkan jumlah sel darah merah yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Ketika kurang sel darah merah, maka kadar hemoglobin dalam tubuh berkurang dan akan menyebabkan ibu hamil terkena anemia. Untuk mengatasinya, ada makanan penambah darah untuk ibu hamil yaitu :

  1. Buah Delima

Makanan penambah darah untuk ibu hamil adalah buah delima. Buah delima ini bak dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami anemia Karena buah delima mengandung sumber zat besi alami yang bisa membuat kadar Hb dalam tubuh naik dengan cepat. Selain itu, buah delima mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E juga mengandung asam folat. Dan buah ini mengandung antioksdan. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan dibuat jus.

  1. Kurma

Kurma kering mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B dan magnesium. Kurma juga bisa membuat ibu hamil menjadi penuh dengan energi. Selain itu juga mengandung serat yang tinggi yang bisa mengatasi sembelit. Untuk mengatasi kurang darah bisa mengkonsumsi 100 gram kurma.

  1. Semangka

Makanan penambah darah selanjutnya adalah semangka. Semangka adalah buah yang mengandung banyak air dan rasa manis yang alami. Karena buah ini mengandung likopen yang sangat baik untuk menjaga energi tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium dan tubuh dan membantu melarutkan lemak dalam tubuh. Dalam mengkonsumsi semangka tidak boleh terlalu banyak karena untuk menghindari bahaya semangka ini.

Deskripsi : makanan penambah darah yang dibahas di artikel ini semoga dapat membantu anda dalam memilih makanan sehat yang sesuai.

Makanan Penambah Darah Yang Aman Dan Sehat Untuk Dikonsumsi | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply