Macam-macam Penyakit Kulit

Banyak orang yang sangat takut pada jerawat yang muncul pada permukaan kulit. Mereka menganggap bahwa jerawat bukan saja musuh untuk kesehatan, namun juga musuh bagi kecantikan. Namun lebih dari pada itu, masih ada banyak lagi masalah kulit yang harus Anda ketahui. Bahkan beberapa diantaranya benar-benar menakutkan. Ingin tahu apa saja macam-macam penyakit kulit tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Macam-macam Penyakit Kulit

Macam-macam Penyakit Kulit

  1. Jerawat

Jerawat adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan munculnya benjolan kecil berwarna merah di atas permukaan kulit. Biasanya jerawat terjadi akibat adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Kebanyakan pori-pori tersumbat karena banyaknya kotoran, debu dan minyak pada permukaan kulit.

Penyakit kulit umum ini tidak hanya menyerang pada wajah saja, namun juga menyerang pada permukaan kulit lainnya, seperti leher, punggung, bahu dan dada. Selain itu, bentuknya pun bermacam-maam, tergantung jenisnya dan faktor penyebabnya. Anda mungkin pernah mendengar beberapa diantara jenis tersebut, seperti whiteheads, komedo dan jerawat batu. Selain itu, ada pula jerawat cystic dan nodular yang terkenal dengan akibatnya yang cukup parah, bahkan hingga meninggalkan bekas luka.

 

  1. Eksim

Eksim adalah bahasa Yunani yang jika diterjemahkan memiliki arti “Bisul”. Ada beberapa bentuk umum dari eksim, diantaranya adalah Atopic. Jenis pertama ini paling umum terjadi dan biasanya berada pada kulit anak-anak dengan ciri-ciri berupa ruam gatal pada siku dan belakang lutut. Jenis yang lainnya adalah Nummular, yang memiliki ciri seperti sisik yang kering dan gatal.

 

  1. Dermatitis seboroik

Seborrheic atau seboroik adalah salah satu dari macam-macam penyakit kulit pada pembahasan kali ini. Ciri-ciri dari penyakit kulit ini biasanya muncul pada kulit berminyak. Dermatitis jenis ini sendiri berbeda bentuknya dengan dermatitis lainnya dan menyerang pada kulit kepala. Menurut penelitian, dematitis seboroik banyak diidap oleh bayi dalam enam bulan pertama kehidupan Mereka. Kondisinya tidak jauh berbeda dengan ketombe pada kulit kepala.

 

  1. Kanker kulit

Macam-macam penyakit kulit lainnya yang harus Anda ketahui salah satnya adalah kanker kulit. Jenis kanker ini diteliti adalah yang paling umum terjadi di negara Amerika Serikat. Menurut American Academy of Dermatology, ada setidaknya satu juta orang setiap tahunnya didiagnosa mengidap kanker kulit. Bahkan, 1 dari 5 orang Amerika diteliti mengidap kanker kulit dalam masa kehidupannya.

 

  1. Prosiasis

Macam-macam penyakit kulit yang terakhir, yang harus Anda tahu adalah prosiasis. Penyakit kulit ini sebenarnya adalah penyakit genetik kronis. Ciri-cirinya adalah terjadi penumpukan kulit secara berlebihan. Selain itu, warna dari kulit tersebut juga cenderung kemerahan dan tebal, dengan sisik berwarna keperakan. Biasanya prosiasis hadir pada bagian lutut dan siku. Namun begitu, prosiasis tidak akan tinggal diam, mereka dapat menyebar ke anggota badan lainnya, mulai dari kulit kepala, tangan hingga persendian.

Kategori: INFO KESEHATAN Tags:
Macam-macam Penyakit Kulit | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply