Macam-macam Jenis Diet

Diet berasal dari bahasa Latin (diaeta) dan bahasa Yunani (diaita) yang berarti “a way of life” atau jalan hidup (regimen). Selain itu, sebagian orang juga menjelaskan bahwa diet adalah sebuah kursus, dimana makanan dan minum sudah diset sedemikian rupa, baik itu jenis dan jumlahnya dalam rangka mencapai berat badan atau pola hidup yang telah ditentukan. Untuk lebih mengenal mengenai salah satu program kesehatan ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam jenis diet yang paling populer di dunia.

Macam-macam Jenis Diet

Macam-macam Jenis Diet

  1. Atkins Diet

Jenis diet yang pertama adalah Atkins Diet. Fokus pada diet ini adalah pengendalian kadar insulin pada tubuh. Biasanya makanan yang digunakan banyak mengandung karbohidrat olahan yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan senyawa insulin dengan cepat. Dengan kadar insulin yang tinggi, tubuh akan menyimpan makanan, termasuk lemak dalam bentuk energi. Kebanyakan orang-orang yang mengikuti program Atkins mengkonsumsi makanan berprotein dengan porsi yang tinggi.

  1. The Zone Diet

Macam-macam jenis diet selanjutnya adalah The Zone Diet. Biasanya berfokus pada pembagian kandungan nutrisi bagi tubuh, seperti 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak. Dengan membagi kandungan nutrisi setiap kali makan, tubuh akan dapat mengolahnya dengan baik, sehingga tidak akan ada makanan berlebih yang menggangu kesehatan.

Selain itu, The Zone Diet juga memiliki kemiripan dengan Atkins, diantaranya adalah fokus peningkatan insulin, sehingga berat badan menjadi menurun. Makanan yang dikonsumsi sendiri berputar pada karbohidrat berkualitas baik, seperti kacang-kacangan, minyak zaitun dan alpukat.

  1. Vegetarian Diet

Ada banyak jenis diet vegetarian, diantaranya adalah lacto vegetarian, Lacto-ovo-vegetarian, Living food diet vegetarian, Pescovegetarian dan masih banyak lagi. Namun diantara itu semua, Lacto-ovo-vegetarian adalah yang paling banyak digunakan. Makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang yang mengikuti diet tersebut biasanya berkutat pada sayuran (termasuk buah) dan tidak mengkonsumsi olahan hewani, kecuali susu, telur dan madu.

Dalam studi yang dilakukan beberapa tahun terakhir disebutkan bahwa orang-orang yang menjalankan diet vegetarian memiliki berat badan yang lebih rendah dan memiliki harapan hidup yang lebih lama dibandingkan orang-orang yang mengkonsumsi daging.

  1. Vegan Diet

Vegan adalah satu lagi program diet dari banyak macam-macam jenis diet. Banyak orang yang berkata bahwa Vegan Diet memiliki cara-cara yang berlebihan dalam memilah makanan. Mereka biasanya tidak makan berbagai jenis hewan, termasuk juga susu, telur dan madu. Alasannya bukan hanya soal kesehatan, namun juga lingkungan serta etika kasih sayang.

  1. Weight Watchers Diet

Salah satu dari Macam-macam Jenis diet yang terakhir adalah Weight Watchers Diet.

Jenis diet satu ini lebih berfokus pada gerakan fisik dan komunikasi, sehingga bukan hanya diet yang Mereka lakukan, namun juga diimbangi dengan olahraga dan jaringan pertemanan. Diet jenis ini sendiri lahir pada tahun 1960-an yang dipelopori oleh seorang ibu rumah tangga. Dia mengalami rasa cemas jika berat badannya kembali, oleh sebab itu dibuatlah jaringan pertemanan dengan cabang yang sudah hampir berada di seluruh dunia.

Macam-macam Jenis Diet | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply