Macam-macam Alat Kesehatan dan Fungsinya

Daftar macam-macam alat kesehatan dan fungsinya

Ada banyak alat-alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit. Kesemuanya memiliki fungsinya masing-masing, sekaligus dipakai pada keadaan tertentu dengan jumlah tertentu pula. Untuk lebih mengenal mengenai alat-alat kesehatan yang biasa digunakan para dokter di rumah sakit, Anda bisa mempelajari beberapa diantaranya pada pembahasan kali ini. Daftar macam-macam alat kesehatan dan fungsinya di bawah ini diurutkan sesuai kepopuleran atau yang paling banyak dipakai oleh ahli medis.

Macam-macam Alat Kesehatan dan Fungsinya

Macam-macam Alat Kesehatan dan Fungsinya

  1. Stethoscopes: stetoskop adalah salah satu alat kesehatan yang paling banyak diketahui secara umum. Fungsinya adalah sebagai perangkat medis akustik untuk auskultasi atau sederhananya sebagai alat mendengar suara yang ada di dalam (internal) suatu binatang atau tubuh manusia.
  2. Reflex testing hammer (padded): digunakan untuk menguji tingkat reflek sistem motorik tubuh.
  3. Sphygmomanometer (Blood pressure meter): alat yang digunakan untuk mengukur tingkat tekanan darah. Terdiri dari komponen manset karet untuk menekan aliran darah, menometer mekanik sebagai pengukur dan merkuri.
  4. A thin beam electric torch: alat seperti senter dan sejenisnya yang berguna untuk melihat bagian dalam mata, termasuk lubang alami dan sebagainya. Selain itu juga digunakan untuk menguji refleks mata (pupil) terhadap cahaya.
  5. A watch / stopwatch: alat untuk merekam detak denyut nadi jantung. Selain itu juga digunakan untuk menghitung laju pernapasan dan tes pendengaran tertentu.
  6. A measuring tape: pita pengukur.
  7. Tongue Depressor: biasa digunakan untuk tes yang berhubungan dengan lisan.
  8. A weighing machine: alat untuk mengukur dan merekam berat.
  9. Tuning forks: alat ini memiliki bentuk yang sama seperti namanya, yaitu garpu tala. Biasa digunakan sebagai resonator akustik dengan ciri khas berbentuk U dan terbuat dari logam elastis. Gema dan getaran adalah beberapa objek yang diteliti ataupun dihasilkan.
  10. Kidney dish: berbentuk cekungan dangkal (seperti ginjal) dan biasa digunakan pada bangsal medis maupun bedah sebagai tempat menaruh berbagai kotoran atau limbah medis. Kidney dish biasa dibuat dengan bahan stainless steel, kertas atau plastik.
  11. Bedpan: biasa disebut juga pispot. Berguna untuk menyimpan cairan-cairan khusus untuk pasien, misalnya kemih dan tinja. Bedpan biasa dibuat dengan bahan logam, plastik ataupun kaca.
  12. Thermometer: termometer adalah alat yang dipakai untuk mengukur suatu suhu. Dalam masalah medis, termometer digunakan untuk menghitung nilai perubahan suhu pasien serta mengkonversikannya dalam bentuk bilangan numerik.
  13. Gas cylinders: dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan tabung gas. Kebanyakan berisi oksigen, nitrous oxide dan karbon dioksida.
  14. Oxygen mask or tubes: seperti namanya, alat ini digunakan sebagai masker untuk menghubungkan lubang pernapasan pasien dengan tabung gas. Biasanya gas yang disalurkan adalah oksigen dan obat dalam bentuk gas.

15. Vaporizer: alat untuk menghasilkan uap.

 

Kesimpulan

Masih banyak macam-macam alat kesehatan dan fungsinya yang biasa digunakan oleh para ahli medis. 15 daftar di atas hanya beberapa yang populer dan biasa Kita lihat. Selain itu, masih ada lagi alat kesehatan yang digunakan oleh rumah sakit, seperti alat sterilisasi, nebulizer, drum dressing dan dialyser.

Macam-macam Alat Kesehatan dan Fungsinya | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply