Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Sebagian orang mengatakan bahwa alpukat adalah salah satu makanan terbaik di dunia. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Alpukat memiliki setidaknya 25 nutrisi penting. Di antaranya berbagai jenis vitamin, fosfor, zat besi, tembaga, serat, magnesium, kalium, protein, lemak tak jenuh tunggal dan ganda, asam folat, serta elemen bermanfaat lainnya. Oleh sebab itu, tidak salah jika ada banyak khasiat buah alpukat untuk kesehatan yang bisa dirasakan. Beberapa di antaranya dapat Anda ketahui pada daftar berikut ini.

Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan kulit

Lemak tak jenuh tunggal pada alpukat dapat membantu menjaga kesehatan lapisan epidermis kulit, sekaligus mempertahankan kelembapan. Tidak salah jika ada banyak pelembab yang diolah dengan bahan dasar minyak alpukat.

 

Selain itu, kandungan pada alpukat juga dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kulit, seperti eksim, proriasis, kekeringan, bintik-bintik akibat penuaan, bekas luka, dan kerusakan akibat sinar matahari.

 

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E yang tinggi pada alpukat menyebabkan para ahli memasukkan alpukat sebagai makanan yang baik untuk otak. Vitamin E sendiri terbukti secara ilmiah dapat mencegah Alzheimer.

 

  1. Baik untuk jantung

Menurut sebuah studi, orang yang mengonsumsi alpukat mengalami peningkatan kesehatan jantung. Selain itu, vitamin E pada alpukat juga dapat mencegah kolesterol beroksidasi. Ada pula folat yang dapat mengurangi kadar homosistein berbahaya pada darah. Alpukat juga kaya akan kalium, yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan pitosterol yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol.

 

  1. Mencegah cacat lahir

Asam folat yang tinggi pada alpukat baik untuk melindungi bayi dalam rahim. Bahkan hanya diperlukan secangkir alpukat untuk mendapatkan hampir sepertiga dari dosis yang dianjurkan untuk ibu hamil. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B yang baik untuk otak dan organ vital janin.

 

  1. Mencegah arthritis

Khasiat buah alpukat lainnya adalah untuk mencegah penyakit arthritis. Hal ini disebabkan agen anti-inflamasi pada alpukat yang dapat mencegah atau setidaknya mengurangi peradangan. Untuk lebih berkhasiat, pengguna bisa memakai minyak alpukat.

 

  1. Membantu melawan kanker

Menurut penelitian, buah alpukat dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit, mulut, dan kelenjar prostat. Sifat anti-kanker pada alpukat sendiri biasanya didapat dari gabungan antara anti-inflamasi dan antioksidan.

 

  1. Mengatur gula darah

Diabetes tipe 2 dapat dilawan dengan mengonsumsi buah alpukat. Hal ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat yang dapat meningkatkan profil dari kolesterol, sehingga resistensi insulin dapat dicegah. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat yang dapat membantu meningkatkan kontrol glukosa dalam darah.

 

  1. Baik untuk pencernaan

Vitamin B-kompleks pada alpukat dapat membantu pelepasan enzim pencernaan, sehingga dapat meningkatkan proses pencernaan. Selain itu, konsumsi alpukat juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang ada pada makanan.

 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat buah apukat yang terkahir berkenaan dengan diet penurunan berat badan. Meskipun alpukat tinggi akan kalori dan lemak, namun buah ini tetap cocok untuk dijadikan konsumsi saat ingin menurunkan berat badan. Hal ini ekuivalen, karena alpukat dapat membuat orang yang mengonsumsinya cepat kenyang. Lebih lagi lemak yang ada di alpukat termasuk ke dalam jenis lemak sehat.

Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply