Ketahui Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Pada umumnya, bawang merah dikenal sebagai salah satu bumbu masakan yang menjadikan lezat. Disisi lain bawang merah yang digoreng bisa menjadi taburan makanan yang telah matang. Bawang merah ini memang merupakan jenis bumbu yang tidak boleh ketinggalan disetiap masakan. Namun tanpa disadari, dengan mengkonsumsi bawang merah ini juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Pada kesempatan kali ini akan dikupas apa saja yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi bawang merah.

manfaat bawang merah

manfaat bawang merah

Khasiat bawang merah untuk kesehatan

Sebelum membahas mengenai manfaat bawang merah, terlebih dahulu kita ketahui apa saja yang terkandung dalam bawang merah sehingga bisa mendatangkan khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Dimana pada 28 gram bawang merah terdapat 11 kalori yang terbilang cukup rendah. Selain itu terdapat kandungan vitamin c, vitamin B6 dan terdapat mineral yaitu berupa kromium. Disisi lain juga terdapat zat gizi makro yang terdiri dari karbohidrat, air namun tidak terdapat kandungan lemak sama sekali. Ditinjau dari indeks glikemiknya juga cukup rendah hanya sekitar 10.

Salah satu manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol tubuh. Bawang merah disebutkan dalam sebuah jurnal Phytotheraphy research menunjukkan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. hal tersebut diakibatkan adanya kandungan zat antioksidan serta zat bioaktif yang mampu menurunkan jumlah lemak total yang ada didalam tubuh secara langsung. Disisi lain, berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical center, bawang merah juga dapat mencegah penyakit kanker. Dimana dalam bawang merah tersebut mengandung zat quercetin yang merupakan zat antioksidan yang berperan dalam mengatasi proses radikal bebas yang dianggap sebagai pemicu kanker. Selain itu zat quercetin ini juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian yang dilakukan menunjukkan zat quercetin dapat mencegah kanker endometrial, kanker usus, kanker ovarium, kanker prostat dan kanker paru-paru.

Bawang merah juga dimanfaatkan untuk mengobati sembelit. Dimana gangguan susah buang air besar ini tentunya dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Sembelit merupakan kondisi terdapat banyak olahan makanan yang tertimbun diusus dan susah dikeluarkan karena makanan yang dikonsumsi tidak berserat. Dengan demikian selain mengkonsumsi buah dan sayuran, ternyata dengan mengkonsumsi bawang merah mentah bisa mengatasi sembelit.

Selain beberapa manfaat bawang merah diatas, ternyata masih terdapat khasiat lain dari bawang merah ini. Dimana dengan mengkonsumsi bawang merah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat quercetin selain mampu mencegah penyakit kanker, ternyata memiliki fungsi tersendiri bagi tubuh. Dimana zat tersebut mampu melawan pertumbuhan bakteri yang dapat merugikan tubuh. Disisi lain zat quecetin juga mampu mencegah peradangan dan mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh jamur. Ketika dikonsumsi pada musim dingin, bawang merah ini juga dapat mengobati flu. Dengan demikian sistem imun tubuh akan semakin meningkat dengan mengkonsumsi bawang merah.

Deskripsi: bawang merah memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dengan adanya berbagai kandungan zat, mineral dan vitamin yang mampu mengatasi berbagai masalah ataupun penyakit.


Ketahui Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply