Kenali Gejala Tipes Dari Minggu Ke Minggu

Penyakit tipes juga memiliki nama lain dalam istilah kedokteran yaitu demam tifoid atau disebut juga sebagai typoid fever. Jenis penyakit ini merupakan infeksi yang dilakukan oleh bakteri, dimana infeksi tersebut dapat menyebar keseluruh tubuh dan mempengaruhi kinerja banyak organ. Salmonella typhy merupakan bakteri yang menjadi pemicu penyakit tipes ini. Penyakit yang satu ini memang dapat menular kepada orang lain. Media penularannya bisa melalui feses, dan urin. Biasanya gejala dari penyakit ini baru akan muncul setelah satu atau dua minggu seseorang terinfeksi oleh bakteri tersebut. Nah berikut ini akan dibahas mengenai gejala tipes yang muncul, dengan demikian anda bisa lebih mewaspadai penyakit ini.

Gejala Tipes

Gejala Tipes

Gejala Tipes Dari Minggu Ke Minggu

Seseorang yang terinfeksi oleh bakteri salmonella typhy ini akan dapat diketahui dengan munculnya ciri-ciri gejala tipes. Dimana salah satunya adalah mengalami demam dengan suhu yang tinggi. Biasanya suhu seseorang yang mengalami penyakit tipes ini berkisar 39-40 derajat celcius. Disisi lain penderita juga akan mengalami ciri-ciri lainnya seperti sakit kepala, nyeri otot, sakit perut, dan sembelit. Pada bagian tubuh anggota geraknya terasa pegal-pegal dan terasa lemas untuk bergerak.

Penderita yang mengalami sakit tipes memang merasakan sakit yang tak kunjung sembuh. Dimana biasanya gejala-gajalanya akan muncul dalam beberapa minggu kemudian. Gejala tipes yang muncul pada minggu pertama adalah demam, dimana pada tahap awal dengan suhu yang rendah saja, namun akan meningkat hingga 40 derajad celcius. Rasa sakit kepala yang tak kunjung hilang juga sangat menganggu. Walaupun tidak melakukan kerja berat, penderita akan merasakan kelelahan sehingga tidak nafsu makan. Walaupun tidak makan, penderita akan sakit perut, sembelit hingga mengalami diare. Gejala lainnya yang muncul adalah batuk dan ruam-ruam dikulit.

Ketika pengobatan pada si penderita tidak tepat, gejala tipes lainnya akan muncul, diantaranya demam yang tak kunjung reda, malah semakin tinggi. Tidak hanya itu diare dan sembelitnya pun semakin parah. Pada kondisi tertentu hingga menyebabkan berat badan menjadi turun. Pada bagian perut si penderita pun terlihat membesar dikarenakan kembung. Gejala lainnya pun juga akan timbul pada minggu ke empat jika penyakit tipes tersebut belum terdeteksi. Gejala yang muncul adalah mengigau, terlihat lemah dengan mata sayu dan juga komplikasi. Gejala-gejala diatas juga merupakan gejala tipes pada anak.

Tentunya ketika mengalami ciri-ciri dan gejala tipes yang telah disebutkan diatas, segeralah untuk melakukan pemeriksaan di dokter ataupun rumah sakit. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mendapatkan diagnosis dari dokter dan pengobatan lebih lanjut. Dimana dokter akan melakukan pemeriksaan berupa hitung darah lengkap, kutur darah, studi antibodi IgM/IgG anti S. Typhi, jumlah trombosit, kultur feses, dan juga elisa tes urin.

Deskripsi: gejala tipes yang muncul dari minggu ke minggu memang berbeda namun gejala yang muncul juga semakin parah pada minggu-minggu selanjutnya.


Kenali Gejala Tipes Dari Minggu Ke Minggu | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply