Kenali Gejala Demam Berdarah Dan Cara Pencegahannya

Siapa yang tidak tahu mengenai demam berdarah atau DB? Penyakit yang tergolong mematikan ini harus diperhatikan dan harus mendapatkan perawatan medis. Penyakit ini ialah penyakit tropis yang disebabkan oleh virus dengeu, dimana virus in dibawa oleh nyamuk. Sebagian kasus demam berdarah ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah berkisar satu minggu, tetapi tak jarang pula sebagian kasus berujung pada kematian. Untuk itulah kita sangat perlu mengetahui gejala demam berdarah, bila kita mengetahui gejalanya, maka secara cepat tanggap dapat segera teratasi dan nyawa dapat tertolong.

Kenali Gejala Demam Berdarah Dan Cara Pencegahannya

Kenali Gejala Demam Berdarah Dan Cara Pencegahannya

Gejala Terserang Demam Berdarah

Umumnya gejala demam berdarah pada anak maupun dewasa sama. Agar anda senantiasa waspada berikut inilah ciri ciri demam berdarah.

–      Terjadinya demam secara mendadak 2 hingga 7 hari dengan suhu tinggi mencapai 38 hingga 40 derajat Celcius.

–      Rasa nyeri pada otot tubuh, nyeri dibagian belakang mata dan nyeri pada tulang.

–      Terkadang gejala demam ini dibarengi sakit kepala, flu, mual, muntah dan juga batuk.

–      Terdapat ruam atau bercak merah dibeberapa bagian kulit

–      Terjadinya pendarahan ringan seperti mimisan ataupun gusi berdarah.

–      Sel darah putih menurun

–      Tetangga ada yang positif terkena demam berdarah.

Penyebabnya yang dibawa oleh nyamuk ini membuat penyakit ini sangat mudah menjalar. Bila satu diantara tetangga anda ada yang telah positif demam berdarah, anda dan keluarga harus berhati hati. Ciri ciri atau gejala tersebut tidak berbeda gejala demam berdarah pada orang dewasa juga sama. Berbahayanya penyakit ini ternyata dapat kita antisipasi atau cegah agar kita dan keluarga tidak terkena atau jauh dari demam berdarah.

Cara Mencegah Demam Berdarah

Setelah mengetahui gejala demam berdarah, kita akan mengulas cara mencegahnya.

  1. Kuras tempat penyimpanan air seperti bak mandi, tempat penampungan air, air dalam vas bunga, tempat minum burung dan lain lain. Lakukan hal ini paling tidak satu minggu sekali.
  2. Tutup rapat rapat tempat penampungan air tadi, agar nyamuk tidak dapat masuk dan berkembang biak di tempat tersebut.
  3. Buanglah atau kubur barang yang sudah tidak terpakai lagi seperti kaleng bekas, botol dan tempat yang dapat menampung air lainnya. Sebab bila ada air yang tergenang didalamnya dapat menjadi sarang nyamuk berkembang biak.
  4. Hindari pakaian atau kain didalam rumah bergantungan, lebih baik pakaian atau kain tadi dilipat agar tidak menjadi tempat persembunyian nyamuk.
  5. Untuk tempat air yang sulit dikuras seperti sumur, taburkan bubuk abate kedalamnya paling tidak setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

Bagaimana? Dengan mengetahui gejala demam berdarah tadi anda akan lebih waspada bila anggota keluarga kita mengalami hal tersebut bukan? jangan lupa agar terhindar dari demam berdarah ini lakukan cara pencegahan tersebut.

Deskripsi : gejala demam berdarah perlu diwaspadai karena penyakit ini tergolong berbahaya, melakukan pencegahan akan lebih baik

Kenali Gejala Demam Berdarah Dan Cara Pencegahannya | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply