Kenali Gejala Dan Ciri-Ciri Flu Singapura Sejak Dini

Tahukah anda mengenai flu Singapura? Penyakit ini memang belum banyak diketahui orang. Meskipun namanya flu Singapore, bukan berarti anda pergi kesana akan terserang flu ini ya. Flu Singapura hanya sebuah istilah dokter yang memiliki makna hand foot and mout disease atau HFMD. Flu ini disebut dengan nama flu Singapore karena penyakit ini pernah mewabah di Singapura, hingga banyak sekolah dan fasilitas umum lainnya ditutup karena banyaknya orang yang terjangkit wabah tersebut. penyakit ini adalah penyakit infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan dibagian dalam dan luar mulut, luka lepuhan juga muncul di tangan, kaki bahkan pantat ataupun daerah lainnya.

Flu Singapura

Flu Singapura image by medikus.com

Penyebab Flu Singapura

Penyebab dari flu ini adalah virus, virus yang paling sering menjangkiti manusia namun tergolong ringan adalah Coxsackie A16, sedangkan virus yang menimbulkan kasus berat, komplikasi hingga berpotensi pada kematian adalah Enterovirus 17. Potensi yang dapat membahayakan ini tentu membuat para orang cemas, oleh karena itu penting bagi anda mengetahui gejala flu Singapura. Perlu diperhatikan serta harus diingat oleh anda, penyakit ini sangat mudah menular. Penularannya sama dengan flu pada umumnya, melalui droplet saat bersin, air liur, tinja atau cairan dari viskel maupun ekskreta. Penularan secara tidak langsung juga dapat terjadi melalui barang barang yang terkontaminasi oleh cairan tersebut. Flu Singapura umumnya menyerang balita usia 2 minggu hingga 5 tahun, ada juga anak usia 10 tahun dapat terserang penyakit ini. Bagi orang dewasa sangat sedikit potensi terserang penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan dapat terjangkit penyakit itu.

Gejala Dan Ciri Ciri Flu Singapura

Gejala penyakit ini umumnya muncul setelah 3 hingga 6 hari anak terkena virus tersebut, berikut ini cirinya.

–      Demam disertai lesu, rewel terkadang juga dengan pilek adalah ciri ciri flu Singapura yang pertama.

–      Bila anak yang sudah bisa bicara dan cukup besar, akan mengeluh sakit tenggorokan. Sedangkan bayi yang belum bisa bicara biasanya akan menolak minum ASI maupun sufor.

–      Berselang satu atau dua hari selanjutnya muncul bintik bintik merah yang menjadi luka atau lecet di mulut (mirip sariawan) kecil dan banyak. Muncul juga bintik merah lepuhan pada telapak tangan dan telapak kaki, dapat juga muncul di pantat, siku, lutut maupun daerah genetikal. Namun tidak semua anak mengalami gejala ini, ada yang hanya muncul bintik merah di mulut saja. Baca juga Cara Cepat Mengobati Flu.

–      Penyakit ini hampir sama dengan serangan virus lainnya yang dapat membaik dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari.

Walaupun penyakit ini tergolong penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, anda tetap harus memperhatikan dan tetap memeriksakannya ke dokter. Jangan lupa ketika terkena flu Singapura perhatikan asupan nutrisi serta istirahat yang cukup. Baca juga Cara Mencegah Flu.

Deskripsi : flu Singapura umumnya menyerang anak-anak, meskipun dapat sembuh dengan sendirinya tetap harus mendapatkan perawatan medis.

Kenali Gejala Dan Ciri-Ciri Flu Singapura Sejak Dini | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply