Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

 

Ketika Anda memiliki seorang anak, maka Anda akan melewati masa perkembangan dan pertumbuhannya tahap demi tahap. Dia akan belajar banyak hal dari apa yang dilihat. Oleh sebab itu, penting bagi Anda para orang tua untuk memelihara dan membantu meningkatkan kecerdasannya. Di antaranya dengan memberikan makanan bergizi. Untuk lebih jelas, inilah makanan yang mendukung kecerdasan anak yang sebaiknya Anda ketahui.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak

  1. Sayur berdaun hijau

Sayuran, semisal bayam dan kale kaya akan vitamin dan folat, yang berhubungan dengan pertumbuhan otak. Mungkin anak Anda akan membenci sayuran, tetapi Anda bisa coba menambahkan bahan-bahan tersebut secara tersembunyi. Misalnya saja Anda bisa membuat omelettes, telur gulung yang berisi selada, bayam, tomat, dan sejenisnya.

 

  1. Ikan

Ikan juga dipercaya baik untuk perkembangan otak anak. Ikan-ikan laut, seperti sarden, salmon, dan tuna merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Dua senyawa ini memiliki fungsi yang besar dalam melindungi otak dari berbagai serangan, seperti kehilangan ataupun penurunan memori. Dengan memori yang terjaga kekuatannya, maka otak anak akan terlihat lebih cerdas.

 

  1. Telur

Makanan yang mendukung kecerdasan anak selanjutnya adalah telur. Dengan kandungan protein dan kolin yang tinggi di dalam telur, membuat perkembangan otak anak semakin baik. Untungnya, telur merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi banyak bentuk, sehingga lebih menarik untuk anak.

 

  1. Kacang merah

Salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak dijadikan sayur ini bukan saja baik untuk penderita asma, namun juga dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan, terkait daya ingat, sekaligus mencegah berbagai gangguan yang terkait dengannya.

 

Selain kacang merah, jenis kacang dan biji lainnya, semisal kacang kenari dan almond juga baik untuk otak anak, karena di dalamnya terdapat protein dan lemak esensial, yang bahkan berhubungan dengan kesehatan sistem saraf.

 

  1. Apel

Dengan rasa yang manis dan mengenyangkan membuat apel cocok untuk dijadikan sarapan dan makan siang anak Anda. Di dalam apel juga terdapat senyawa antioksidan yang dapat melawan terjadinya penurunan fungsi kognitif, sehingga baik untuk meningkatkan dan menjaga kecerdasan otak anak. Namun ingat, untuk selalu memilih apel organik, yang bebas dari risiko pestisida.

 

  1. Kunyit

Kunyit bukan saja dapat berfungsi sebagai obat anti-inflamasi alami, namun juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan, khususnya daya ingat. Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya bisa melawan peradangan pada jaringan otak, meningkatkan fungsinya, sekaligus mencegahnya dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembentukan plak terkait Alzheimer.

 

  1. Oatmeal

Makanan yang mendukung kecerdasan anak selanjutnya adalah oatmeal. Seperti yang kita kenal bersama, oatmeal kaya akan serat, yang baik untuk jantung dan otot arteri. Selain itu, kandungan pada oatmeal juga diteliti bisa meningkatkan kemampuan otak, khususnya untuk anak-anak. Jadi, tidak salah bila oatmeal Anda jadikan sarapan pagi bagi anak.

Inilah Makanan yang Mendukung Kecerdasan Anak | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply