Gejala Sakit Perut Tanda Hamil Muda

Setiap perempuan memiliki gejala tertentu saat menghadapi kehamilan muda. Misalnya saja sakit perut tanda hamil muda memang suatu hal yang dianggap normal. Sakit perut tersebut terjadi pada perut bagian kiri bawah yang terkadang tidak dapat dibedakan dengan sakit perut saat haid. Biasanya sakit perut sebagai tanda kehamilan muda disertai dengan suhu tubuh yang meningkat, mudah merasa lelah, perut terasa kembung, terjadi perubahan bentuk payudara, sampai pada mual-mual yang terjadi setiap pagi. Anda juga dapat memastikan sakit perut yang Anda alami merupakan tanda kehamilan dengan tes kehamilan menggunakan testpack atau pemeriksaan dokter.

 

Sakit Perut Tanda Hamil Muda

Sakit Perut Tanda Hamil Muda

Mengatasi Sakit Perut sebagai Tanda Hamil Muda

Meskipun sakit perut tanda hamil akan berlangsung cukup lama selama masa kehamilan, bukan berarti gejala sakit perut tersebut tidak dapat diatasi. Sebelum memutuskan untuk pergi konsultasi ke dokter, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini.

 

  1. Banyak minum air putih

Air putih pada dasarnya memiliki berbagai khasiat yang dapat menyehatkan. Jika sakit perut mulai terasa, maka segeralah perbanyak meminum air putih hangat. Hal ini juga untuk menghindari dehidrasi, karena hal tersebut akan memicu kontraksi palsu. Agar perut yang sakit semakin terasa hangat, gunakan juga air hangat untuk mengompres perut Anda. Baca juga Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

 

  1. Duduk dengan posisi lutut selonjor

Saat sakit perut melanda, posisi berdiri akan menyebabkan sakit tersebut semakin terasa. Karenanya, posisikan diri Anda dalam keadaan duduk. Dan untuk membuat kondisi semakin rileks, posisikan kaki Anda dengan posisi selonjor.

 

  1. Berbaring

Jika posisi duduk tidak berpengaruh pada rasa sakit perut yang Anda rasakan, cobalah untuk berbaring. Untuk membuatnya lebih nyaman, berbaringlah dengan posisi berseberangan dengan rasa sakit. Misalnya jika sakit terasa pada bagian kiri, maka berbaringlah ke arah kanan.

 

  1. Pijat punggung dengan lembut

Sakit perut tanda hamil terkadang juga membuat sakit punggung. Dengan sedikit pijatan pada punggung, akan membuat suasana hati menjadi rileks dan tidak terlalu merasakan sakit tersebut. Anda dapat meminta suami Anda dalam memijat. Selain untuk meringankan sakit perut secara fisik, pijitan lembut suami Anda dapat memberikan dukungan secara emosional. Rekomendasi buat anda Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil .

 

  1. Olahraga khusus ibu hamil

Untuk mengatasi rasa sakit perut yang berkelanjutan, cobalah lakukan gerakan tubuh yang menyerupai olahraga bagi ibu hamil. Hal ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan sedikit demi sedikit menghilangkan rasa kembung yang terasa bersamaan dengan sakit perut tersebut. Setelah itu, Anda dapat melakukan mandi menggunakan air hangat untuk mengurangi ketegangan tubuh Anda.

Gejala Sakit Perut Tanda Hamil Muda | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply