Fungsi Dan Kegunaan Dari Asam Mefenamat

Asam mefenamat adalah salah satu jenis obat anti peradangan non steroid, yang sangat mudah ditemukan di apotek ataupun toko obat. Obat yang mengandung mefenamic acid tersebut banyak diberikan dokter terlebih lagi bila anda sedang sakit gigi. Ya, karena manfaat utama dari obat ini adalah sebagai penghilang rasa sakit atau nyeri. Obat yang termasuk kelompok anti inflamasi non steroid yang mampu menghambat sintesa prostaglandin dalam tubuh dan menghambat enzim cyclooxygenase.

Asam Mefenamat

Asam Mefenamat

Manfaat Asam Mefenamat

  1. Mengatasi nyeri pada gigi

Seperti yang telah diungkap tadi, fungsi asam mefenamat akan mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit gigi anda. baik itu sakit gigi yang ditimbulkan karena gigi berlubang, gusi bengkak, karang gigi penyakit rahang dan masih banyak lagi.

  1. Mengatasi nyeri di kepala

Ternyata manfaat dari obat ini bukan hanya untuk gigi saja, nyeri di kepala juga dapat disembuhkan menggunakan obat tersebut. Pada dasarnya nyeri di kepala ini terbagi menjadi dua jenis, pertama yang disebabkan karena stress atau beban pikiran, dengan gejala migrain. Yang kedua diakibatkan karena gangguan syaraf yang menimbulkan gejala kejang kejang. Asam mefenamat dapat diberikan untuk keduanya, tetapi lebih banyak diberikan oleh jenis yang pertama seperti migrain atau sakit kepala biasa.

  1. Mengatasi nyeri otot

Kakunya otot sering mengakibatkan nyeri otot dan membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak bebas beraktivitas. Otot yang terlalu sering kontraksi atau mengencang serta kurang rileks, mengakibatkan otot mudah kaku dan dapat terjadi diberbagai bagian tubuh anda. Untuk mengatasi nyeri otot semacam ini ternyata juga dapat menggunakan obat ini.

  1. Mengatasi nyeri saat haid

Sebagian wanita sering kali merasakan nyeri ketika haid atau menstruasi. Hal ini memang kondisi yang wajar, tetapi ada sebagian wanita yang mampu menahan rasa nyeri ini dan adapula yang tidak mampu menahannya. Karena merasakan nyeri yang teramat sangat. Dengan mengkonsumsi obat tersebut, dapat menurunkan volume pendarahan yang parah ketika menstruasi serta mengatasi nyeri yang muncul.

Efek Samping Dari Asam Mefenamat

Dari banyaknya kegunaan asam mefenamat tadi, bukan berarti obat kimia ini tidak memiliki efek samping. Dan rasanya memang hampir semua obat kimia akan memberikan efek samping. Efek samping ini dapat timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi atau mengkonsumsi tidak sesuai aturan minum. Pertolongan pertama bagi seseorang yang mengalami overdosis karena obat ini adalah mengosongkan perut dengan cara merangsang muntah. Obat tersebut juga dapat mengiritasi lambung, bahkan orang yang hipersensitif terhadap obat dapat mengalami alergi.

Asam mefenamat memang memiliki banyak fungsi dan kegunaan untuk mengatasi rasa nyeri. Namun untuk menghindari terjadinya efek samping, anda harus mengikuti anjuran konsumsi dan tidak boleh berlebihan. Apabila terjadi alergi segera hentikan konsumsi dan konsultasikan pada dokter.

Deskripsi : asam mefenamat adalah salah satu jenis obat yang memiliki manfaat untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri.

Fungsi Dan Kegunaan Dari Asam Mefenamat | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply