Daun Miana untuk Wasir dan Cara Mengonsumsinya

Penyakit ambeien atau wasir adalah penyakit yang sering diketahui saat ada benjolan yang keluar di daerah anus. Benjolan tersebut berisi pembuluh darah yang dapat membesar dan membuat penderitanya merasa kesakitan. Untuk mengobatinya ada beberapa cara mulai dari dokter sampai menggunakan obat herbal. Salah satunya adalah daun miana untuk wasir. Tanaman hias ini ternyata memiliki kemampuan untuk mengobati wasir atau ambeien. Melalui cara yang benar dan dilakukan rutin, Anda bisa menyembuhkan penyakit wasir tanpa menggunakan obat-obatan. Berikut beberapa info mengenai daun miana dan manfaatnya dalam mengobati penyakit ambeien atau wasir.

daun miana untuk wasir

Daun Miana image by tokopedia

Daun Miana untuk Pengobatan Alami Penyakit Ambeien atau Wasir

Sebelum mencoba obat herbal dari daun miana, sebaiknya Anda mengetahui lebih banyak lagi mengenai daun miana ini. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai daun miana dan khasiatnya.

  1. Tentang daun miana

Ada beberapa orang yang menyebut daun miana sebagai tanaman iler. Tanaman yang sering menjadi penghias halaman rumah ini mempunyai nama ilmiah coleus scutellarioides. Ciri ciri daun miana adalah bentuk daunnya yang mirip telur, memiliki bentuk oval. Tanaman ini termasuk berbatang basah dan dapat tumbuh hingga ketinggian 1 meter. Untuk warna daunnya cukup bermacam-macam. Terdapat daun yang berwarna merang, ungu terung, dan beberapa ada yang kuning. Menurut penelitian tanaman hias ini mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama di bagian daunnya.

  1. Kandungan daun miana

Terdapat beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam daun miana, baik yang merah, ungu, atau kuning. Secara umum kandungan dalam daun miana meliputi steroid, alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, dan minyak astiri. Banyaknya senyawa kimia dalam membuat efek samping daun miana yakni berefek farmakologis. Daun miana bisa menjadi zat anti malaria, penambah darah, penambah nafsu makan, hingga terapi penyakit jantung. Mungkin beberapa manfaat atau khasiat tersebut belum diketahui secara luas. Masyarakat masih menggunakan tanaman ini hanya untuk tanaman hias di halaman rumah. Belum banyak yang tahu khasiatnya bagi kesehatan.

  1. Flavonoid dalam daun miana

Salah satu senyawa dalam daun mina yakni flavonoid memiliki peran sebagai antibiotik sera bioaktifitas. Flavonoid pula yang memberikan warna untuk daun miana. Maka dari itu tanaman ini ada yang merah, kuning, dan yang cukup banyak adalah daun miana ungu. Flavonoid dalam daun miana diketahui merupakan antibiotik alami yang bisa mencegah kanker. Selain untuk pengobatan penyakit wasir, flavonoid yang terkandung dalam daun miana memiliki banyak khasiat. Flavonoid dapat meningkatkan dan membantu kerja vitamin C. Senyawa flavonoid juga bersifat anti inflamasi yang baik untuk penyakit atau peradangan. Antibiotik alami ini juga memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

OBAT WASIR / AMBEIEN

OBAT WASIR / AMBEIEN

OBAT WASIR / AMBEIEN DAPATKAN DISINI

  1. Minyak astiri dalam daun miana

Minyak astiri merupakan senyawa penting yang memiliki banyak khasiat. Senyawa yang terdapat dalam daun miana ini adalah zat yang memberikan bau khas pada suatu tanaman. Maka dari itu ciri ciri daun miana mempunyai bau khas minyak astiri. Secara alami minyak astiri tersebut ada dalam daun miana yang juga memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Minyak astiri merupakan senyawa yang umumnya tidak memiliki warna. Namun minyak astiri yang teroksidasi saat disimpan lama bisa mengalami perubahan. Untuk bisa mendapatkan khasiat dari senyawa ini, Anda harus benar dalam menyimpannya. Untuk penyimpanan minyak astiri yang benar adalah dengan wadah sampai penuh, sehingga tidak menyisakan ruang kosong. Setelah penuh, kemudian ditutup rapat. Penyimpanannya harus di tempat yang sejuk dan kering.

  1. Khasiat daun miana

Daun miana belum banyak dimanfaatkan untuk obat. Sebagian besar masyarakat hanya mengenalnya sebagai salah satu tanaman hias. Daunnya yang berbentuk unik dengan warna cantik memang membuatnya digemari untuk tanaman hias. Daun miana ungu ternyata cukup ampuh untuk mengobati beberapa penyakit. Selain penyakit wasir, daun tersebut juga berkhasiat untuk mengobati flu dan batuk, bahkan penyakit kencing manis atau diabetes. Melalui cara tertentu, daun miana bisa dikonsumsi dengan aman untuk obat herbal. Penyakit wasir yang selalu mengganggu bisa dibantu pengobatannya dengan ramuan herbal dati daun miana ini.

  1. Penyebab penyakit wasir

Penyakit ambeien atau wasir bisa disebabkan karena beberapa faktor. Wasir bisa saja disebabkan karena tubuh yang kekurangan air. Maka dari itu orang yang kurang minum lebih beresiko terkena ambeien. Kebiasaan duduk terlalu lama dan tidak banyak bergerak, juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit ambeien. Daun miana untuk wasir, tentu menjadi salah satu solusi untuk mereka yang mengalami penyakit ambeien. Pengobatan segera untuk ambeien sangat penting, karena bila dibiarkan terlalu lama ambeien akan semakin parah. Radang dan juga pembengkakan pada wasir bisa bertambah besar. Membesarnya benjolan wasir tentu akan membuat seseorang tidak nyaman, terutama saat duduk.

  1. Membuat ramuan daun miana

Beberapa penderita wasir terkadang takut jika harus datang ke dokter. Penderita wasir memilih menggunakan obat-obat herbal untuk mengobati wasir. Ada obat herbal yang mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah. Pengobatan herbal penyakit wasir bisa menggunakan ramuan dari daun miana ungu. Caranya adalah memetik daun miana segar sebanyak 20 lembar. Cuci sampai daun bersih, dan kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk. Rebus tumbukan daun miana ke dalam air mendidih. Anda bisa merebus dengan 5 gelas air. Untuk mengurangi rasa yang tidak enak, dapat menggunakan campuran kunyit. Kunyit juga ditumbuk dan direbus bersama dengan daun miana.

  1. Mengonsumsi daun miana yang aman

Sebagai obat herbal tentu efek samping daun miana lebih kecil risikonya dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Cara mengonsumsi yang aman adalah dengan memastikan kebersihan bahan yang dijadikan ramuan obat. Memasak daun menggunakan air mendidih bisa mengurangi risiko atau bahaya dari bakteri yang mungkin menempel di tanaman. Untuk mengonsumsi ramuan dari daun miana, bisa dengan meminum satu kali sehari. Sebaiknya takaran minumnya sedikit, namun dilakukan rutin selama beberapa hari. Agar bisa mendapatkan khasiatnya, sebaiknya meminum air rebusan daun miana secara rutin sampai wasir kembali normal atau sembuh.

  1. Wasir sembuh dengan daun miana

Jika wasir sembuh setelah mengonsumsi rutin obat herbal daun miana, sebaiknya perbaiki pola hidup yang lebih sehat. Perbanyak minum air putih dan juga lebih rajin untuk melakukan olahraga. Untuk Anda yang ragu untuk menggunakan obat herbal seperti ini, bisa berkonsultasi dengan dokter. Daun miana hanya digunakan sebagai pertolongan ringan saja. Untuk kondisi yang sudah parah, akan lebih baik jika menggunakan tenaga medis untuk penanganannya.

Demikian beberapa informasi tentang daun miana dan juga khasiatnya. Untuk keamanan yang pasti memang lebih baiknya menggunakan bantuan dokter. Namun daun miana untuk wasir bisa menjadi pilihan untuk penanganan secara alami. Baik pengobatan dokter atau pengobatan herbal, dibutuhkan dengan segera jika Anda merasa berpotensi menderita wasir.

Daun Miana untuk Wasir dan Cara Mengonsumsinya | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply