Ciri-Ciri Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya

Penyakit batu ginjal yang paling sering terjadi pada seseorang disebabkan karena terlalu sering menahan air kencing. Ciri-ciri batu ginjal yang dapat terlihat melalui air kencing ini adalah sedikitnya volume air kencing yang keluar dan memiliki warna keruh serta kekuningan. Bahkan untuk beberapa kasus batu ginjal, air kencing dapat bercampur dengan darah yang mengakibatkan rasa sakit pada perut bagian bawah. Penyakit batu ginjal juga dapat dikenali dengan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh lain seperti pada kaki dan mata. Nyeri punggung dalam jangka waktu yang lama juga menjadi ciri-ciri dari penyakit yang dapat juga terjadi karena faktor keturunan tersebut.

 

Ciri-Ciri Batu Ginjal

Ciri-Ciri Batu Ginjal

Cara Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang bisa datang kapan saja dan pada siapa saja. Jika mengacu pada pepatah, memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini juga berlaku pada penyakit batu ginjal. Karenanya, sebelum ciri-ciri batu ginjal terlihat, Anda dapat mencegah penyakit tersebut dengan cara berikut ini.

 

  1. Rutin konsumsi air putih

Banyak orang menyepelekan dalam mengonsumsi air putih sehari-hari. Padahal air putih memiliki kandungan yang dapat menyehatkan tubuh. Air putih tersebut dapat mencegah berbagai penyakit datang, termasuk penyakit batu ginjal, dengan cara meminum 1.5 liter sampai dengan 2 liter setiap harinya. Jika ternyata penyakit batu ginjal sudah masuk ke dalam tubuh Anda, mengonsumsi air putih dapat membantu memecahkan batu ginjal pada saluran kemih dan mengeluarkannya lewat air kencing. baca juga Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan

 

  1. Hindari konsumsi minuman bersoda

Berbanding terbalik dengan air putih, sejatinya minuman bersoda tidak memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Bahkan dapat dikatakan jika minuman bersoda ini membawa banyak penyakit bagi tubuh. Kandungan gula yang tinggi pada jenis minuman ini cepat atau lambat akan merusak sistem pencernaan Anda sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Selain itu, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan juga dapat menunjukkan ciri-ciri batu ginjal ditambah dengan kondisi perut kembung.

 

  1. Kurangi konsumsi daging

Meskipun mengandung protein hewani yang sangat tinggi, ternyata mengonsumsi daging dapat menimbulkan penyakit batu ginjal. Hal ini karena kandungan protein hewani pada daging susah diuraikan oleh pencernaan dan membuat ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring racun. Contoh daging yang akan menimbulkan batu ginjal antara lain daging merah, jeroan daging, udang atau lobster, kerang, ikan teri, ikan sarden, dan ikan kembung. Berbagai jenis daging tersebut dapat Anda tukar dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

Pastikan Anda juga memperhatikan pola makan dan pola hidup yang sehat agar ciri-ciri batu ginjal tidak tampak pada tubuh Anda. Sehingga Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit batu ginjal.

Ciri-Ciri Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply