Cara Tradisional Mengobati Sakit Dada

Sakit atau nyeri pada dada merupakan salah satu masalah umum yang kadang menjadi darurat dalam beberapa keadaan. Penyebabnya sendiri mungkin berbeda-beda psda setiap orang, namun umumnya dikarenakan kurangnya aliran darah ke jantung atau biasa dalam bahasa medis disebut dengan nama angina (angina pektoris). Selain itu, sakit di dada juga bisa karena diabetes, kolesterol tinggi, merokok, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Sedangkan gejalanya cukup bervariasi, mulai dari dada terasa sesak, teremas, terbakar hingga tulang belakang pada dada terasa tertekan. Anda yang mengalami masalah ini bisa mencoba salah satu cara tradisional mengobati sakit dada pada daftar berikut.

Cara Tradisional Mengobati Sakit Dada

Cara Tradisional Mengobati Sakit Dada

  1. Jahe

Jahe sudah dipercaya sejak lama sebagai obat sakit dada. Kandungan senyawa kimia bernama gingerol yang terdapat pada jahe mampu membantu mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat kolesterol.

 

Anda bisa mengonsumsi secangkir teh jahe setiap hari. Cara pembuatannya sendiri sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdm parutan jage ke dalam air panas. Setelah itu tutup cangkir tersebut dan diamkan selama 5 menit. Selanjutnya saring dan minum airnya.

 

  1. Kunyit

Selain jahe, rempah kunyit juga bisa digunakan sebagai cara tradisional mengobati sakit dada. Kandungan senyawa bernama curcumin pada jahe mampu mengurangi oksidasi kolesterol, penumpukan plak serta pembentukan bekuan. Selain itu sifat anti-inflamasi yang ada pada kunyit juga dapat mengurangi rasa sakit pada dada.

 

Anda bisa menambahkan 1/2 sdt bubuk kunyit ke dalam segelas susu. Masak ramuan tersebut hingga matang, lalu tambahkan madu. Minum ramuan selagi masih hangat. Cara ini juga bisa Anda gunakan meski tidak merasakan nyeri pada dada, karena khasiatnya sendiri baik bagi kesehatan jantung.

 

  1. Almond

Almond mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda, itu mengapa almond merupakan asupak yang dapat membantu tubuh mengurangi kolesterol darah. Sedangkan Kita tahu sebelumnya bahwa kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab sakit dada. Selain itu almond juga kaya akan sterol, magnesium dan serat yang dapat mencegah serangan angina datang kembali

 

Untuk cara penggunaannya, Anda bsa mencampurkan minyak almond dengan minyak mawar. Untuk perbandingan bisa disamakan secukupnya. Setelah itu gunakan ramuan tersebut untuk memijat dada Anda. Gunakan gerakan yang lembut agar rasa sakit berkurang. Anda juga bisa mengonsumsi almond panggang setiap hari.

 

  1. Omega-3 asam lemak

Makanan semisal tuna, herring, salmon, sarden, mackerel, biji rami, kacang kedelai, tahu, labu dan minyak zaitun dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu, makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 juga dapat mencegah angina, sekaligus juga membantu menjaga kesehatan jantung.

 

  1. Cabe rawit

Cara tradisional mengobati sakit dada yang terakhir adalah dengan mengonsumsi cabe rawit. Di sini kandungan capsaicin pada cabe rawit memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meringankan sakit dada. Selain itu, cabe rawit juga dapat digunakan sebagai regulator darah, sehingga membantu memulihkan aliran darah ke jantung.

 

Anda bisa mencampurkan 1/2 hingga 1 sdt bubuk cabe rawit dengan segelas susu atau jus buah. Minum ramuan ini agar rasa nyeri pada dada menghilang. Anda juga bisa menggunakan suplemen cabai, namun perlu konsultasi dahulu kepada dokter.

Cara Tradisional Mengobati Sakit Dada | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply