Cara Tradisional Mengobati Infeksi Mata

Infeksi mata merupakan salah satu jenis penyakit umum. Biasanya infeksi ini ditandai dengan munculnya bengkak, gatal, dan nyeri yang membuat aktivitas terganggu. Sedangkan penyebabnya sendiri bermacam-macam, mulai karena polusi udara, virus, hingga bakteri. Anda yang mengalami hal ini bisa mencoba salah satu cara tradisional mengobati infeksi mata pada pembahasan di bawah ini.

Cara Tradisional Mengobati Infeksi Mata

       Cara Tradisional Mengobati Infeksi Mata

  1. Daun jambu biji

Rebus 4-5 lembar daun jambu biji bersama dengan segelas air. Setelah itu, tempatkan air pada pisin atau wadah lainnya. Lanjutkan dengan menempatkan mata Anda pada air tersebut, hingga terendam. Cara ini baik untuk mengurangi infeksi pada mata. Anda juga bisa menempatkan daun jambu biji di kain kompres hangat. Setelah itu letakkan kompres pada mata yang bermasalah. Nantinya bengkak dan kemerahan akan berangsur-angsur mereda.

 

  1. Lidah buaya

Anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobati infeksi mata secara alami. Caranya dengan membuat lidah buaya menjadi jus. Setelah itu, letakkan jus ke seluruh bagian mata yang bermasalah. Gunakan kain bersih untuk melakukannya.

 

  1. Madu

Cara tradisional mengobati infeksi mata selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Caranya mudah, Anda hanya perlu meneteskan madu ke bagian mata yang terinfeksi secara langsung. Anda juga bisa merendam mata sama seperti menggunakan daun jambu biji. Caranya dengan mencampurkan 2-3 sdt madu dengan secangkir air.

 

  1. Kompres hangat

Menempatkan kompres hangat pada bagian mata yang sakit dapat membantu mengurangi infeksi dan rasa nyeri yang biasanya sangat mengganggu. Anda bisa membuat kompres dengan air hangat dan kain yang lembut. Lakukan cara ini sesering yang Anda butuhkan.

 

  1. Kunyit

Kandungan pada kunyit juga ternyata bisa dijadikan cara tradisional mengoati infeksi mata. Untuk pengolahannya pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 2 gelas air. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut sebagai obat tetes mata. Anda bisa menggunakan cara ini 2 kali sehari hingga rasa sakit menghilang.

 

  1. Kantong teh

Selain dapat menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata, kantong teh juga ternyata dapat mengobati infeksi. Caranya dengan menempatkan kantong teh tersebut langsung di atas mata selagi masih hangat. Nantinya kandungan asam tannin pada kantong teh juga akan merelaksasi otot-otot pada mata dan juga mengurangi peradangan.

 

  1. Biji ketumbar

Rempah dapur ini juga bisa Anda coba olah menjadi obat mata. Caranya dengan merebus beberapa biji ketumbar bersama dengan segelas air. Setelah itu, gunakan airnya sebagai pencuci mata. Nantinya air ramuan ini akan membantu mengatasi pembengkakan dan rasa sakit yang timbul.

 

  1. Air mawar

Cara tradisional mengobati infeksi mata yang terakhir adalah dengan menggunakan air mawar. Anda bisa merendam mata dengan air mawar sebanyak 4-5 kali dalam sehari. Nantinya masalah gatal-gatal, peradangan, kemerahan, dan gejala lainnya dapat diatasi dengan baik.

Cara Tradisional Mengobati Infeksi Mata | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply