Cara Mudah Mengobati Insomnia

Insomnia terkadang dihiraukan oleh kabanyakan orang. Padahal penyakit ini diteliti mempengaruhi oleh hampir 30 persen orang dewasa di dunia. Selain itu, banyak juga risiko penyakit mematikan yang menghantui para pelakunya, seperti hipertensi, serangan jantung dan obesitas. Untuk itu, selain berkunjung ke dokter untuk melakukan konsultasi, Anda juga bisa mencoba beberapa cara mudah mengobati insomnia berikut ini.

Cara Mudah Mengobati Insomnia

Cara Mudah Mengobati Insomnia

  1. Susu hangat

Menurut Dr. Duffy, seorang professor dari Brigham, susu hangat baik bagi Mereka yang terserang insomnia. Setelah melakukan kegiatan sehari-hari, orang yang mengonsumsi susu hangat dapat membuat tubuh Mereka menjadi lebih rileks, sehingga akan lebih cepat tidur dan waktu tidur pun akan lebih lama. Selain itu, mengonsumsi susu hangat juga bisa mengatasi stres, yang mana menjadi salah satu penyebab insomnia.

 

  1. Cuka sari apel

Minum satu sendok makan cuka sari apel yang dicampur dengan 8 ons air sebelum tidur menurut Carolyn Harrington, seorang praktisi kesehatan holistik di New York dapat membantu Mereka yang mengalami insomnia untuk tidur lebih cepat dan lama. Meski belum ada penelitian yang intensif mengenai penyebabya, namun sudah banyak orang yang berhasil menggunakan cara ini.

 

  1. Membaca buku

Selain susu hangat, Dr. Duffy juga mengatakan bahwa membaca buku pada beberapa individu dapat mempercepat waktu pra-tidur Mereka. Meski begitu, untuk sebagian orang lainnya, buku dapat membuat Mereka terus membaca dan membaca. Oleh sebab, jika Anda ingin menggunakan cara ini, pastikan buku yang dibaca tidaklah terlalu panjang. Pastikan juga penerangan cukup, sehingga mata tidak rusak.

 

  1. Aromaterapi lavender

Cara mudah mengobati insomnia yang dapat Anda lakukan saat ini juga adalah dengan menyiapkan aromaterapi. Sudah banyak orang yang mencoba cara ini dan hasilnya sangat positif. Anda hanya perlu menaruh beberapa tetes minyak esensial lavender pada bantal. Menurut Carolyn Harrington, sniffing menggunakan minyak lavender ini telah terbukti mampu mengurangi kecemasan dan masalah susah tidur (insomnia). Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Wesleyan University, disebutkan bahwa mengendus minyak lavender sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak.

 

  1. Hindari minuman penghambat tidur

Ada banyak macam minuman yang dapat membuat Anda kesulitan tidur, sehingga penyakit insomnia selalu menyerang setiap malam. Minuman yang paling umum adalah kafein pada kopi, minuman berenergi dan alkohol. Kebanyakan orang yang mengonsumsi alkohol biasanya mengalami masalah tidur. Bahkan muncul juga gangguan pernapasan selama tidur yang ditandai dengan dengkuran keras.

 

  1. Olahraga

Selain menghindari kafein, menurut Dr. Duffy cara mudah mengobati insomnia lainnya adalah dengan beroahraga. Anda bisa melakukan latihan sederhana beberapa jam sebelum tidur. Usahakan agar tubuh sedikit berkeringat, sehingga stres dan kecemasan dapat berkurang. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan, lari di tempat, push up dan olahraga sejenisnya. Setelah berolahraga, Anda bisa berendam air hangat dengan sedikit konsumsi teh chamomile.

Kategori: TIPS PENGOBATAN Tags:
Cara Mudah Mengobati Insomnia | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply

Bantu Like Fanspage Kami ya
Atau Tunggu 10 Detik