Cara Mudah Mengobati Bersin

Bersin yang umum terjadi bukanlah masalah kesehatan, namun merupakan mekanisme perlindungan yang gunanya untuk mengusir alergen dan iritan dari tubuh. Namun berbeda ceritanya manakala bersin tersebut terjadi akibat sesuatu yang lebih parah, semisal akibat alergi bulu binatang, asap, jamur, serbuk kayu, debu, serbuk sari dan iritasi. Atau karena terkena dampak cuaca dingin, perubahan kelembaban, air hujan, bau yang kuat, obat-obatan ataupun alergi makanan. Bersin yang seperti ini sebaiknya diobati karena bisa menyebabkan kelelahan, kurang konsentrasi, hidung meler, mata merah hingga iritasi hidung. Jika Anda atau keluarga saat ini sedang mengalaminya, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara mudah mengobati bersin pada pembahasan berikut ini.

Cara Mudah Mengobati Bersin

Cara Mudah Mengobati Bersin

  1. Minyak peppermint

Sifat antibakteri yang ada pada minyak peppermint dapat membuat bersin yang disebabkan oleh hidung tersumbat mereda. Anda bisa merebus campuran air dan lima tetes minyak peppermint di dalam panci. Lanjutkan dengan menutup kepala menggunakan handuk sembari dekatkan wajah ke panci. Biarkan hidung menghirup aroma ramuan minyak peppermint tersebut.

Selain minyak peppermint, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih yang direbus bersama dengan air. Fungsinya sama, yaitu membantu meredakan bersin akibat iritasi hidung dan pilek.

  1. Adas

Anda juga bisa menggunakan adas sebagai cara mudah mengobati bersin. Di sini adas atau teh fennel berkhasiat sebagai antibiotik alami, sekaligus juga sebagai anti-virus yang dapat melawan infeksi pada saluran pernapasan, yang mana salah satu gejala utamanya adalah bersin.

Untuk cara penggunaannya sendiri tidak terlalu sulit. Anda bisa mencampurkan secangkir air yang sudah direbus dengan 2 sdt biji adas yang dihancurkan. Diamkan biji adas terendam selama 10 hingga 15 menit. Lanjutkan dengan menyaring airnya dari biji. Konsumsi cairan tersebut sebanyak 2 cangkir setiap hari untuk mengurangi frekuensi bersin.

  1. Lada hitam

Meskipun tampak sederhana, lada hitam juga ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan bersin akibat masalah hidung meler. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat dengan 1 1/2 sdm lada hitam bubuk. Konsumsi ramuan ini sekitar 2 hingga 3 kali dalam sehari. Gunakan juga ramuan lada hitam sebagai obat kumur untuk membunuh virus dan kuman.

  1. Jahe

Cara mudah lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengobati masalah bersin adalah dengan membuat ramuan jahe. Nantinya jahe ini akan mengatasi masalah bersin akibat virus. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengonsumsi secara langsung ekstrak atau parutan jahe sebanyak 1 hingga 2 sdt setiap hari. Anda juga bisa mencampurkan secangkir air dengan sepotong kecil jahe. Rebus dan konsumsi airnya untuk meredakan bersin, terutama pada malam hari.

  1. Bawang putih

Cara mudah mengobati bersin yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang putih. Seperti yang Kita tahu, bawang putih memiliki sifat antibiotik alami dan anti-virus yang dipercaya dapat membantu mengurangi bersin berlebih yang disebabkan oleh infeksi flu. Untuk penerapannya Anda bisa menghirup 4 hingga 5 siung bawang putih yang dihaluskan.

Cara Mudah Mengobati Bersin | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply