Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes

Salah satu penyebab dari penyakit diabetes memanglah genetika. Namun begitu, pola hidup sehari-hari menjadi penentu lebih besar apakah seseorang terkena penyakit gula darah atau tidak. Oleh karenanya, jika Anda ingin terhindar dari salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia ini, Anda harus merubah pola hidup. Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya perlu mempraktekan beberapa cara mudah mencegah penyakit diabetes di bawah ini.

Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes

  1. Sarapan

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sarapan pagi adalah waktu terbaik untuk makan. Mengapa? Karena sarapan adalah pengisian bahan bakar setelah perut mengalami kekosongan pada waktu malam. Selain itu, melewati waktu sarapan membuat kadar glukosa yang terdapat pada liver bergejolak dan membuat kadar gula darah meningkat. Bahkan, dengan Anda tidak sarapan, kadar hormon nafsu makan akan meningkat, sehingga Anda akan terus ingin makan sepanjang hari.

Untuk hasil yang maksimal, hindari mengkonsumsi karbohidrat terlalu tinggi ketika sarapan. Selain itu, tambahkan beberapa buah, susu, yogurt atau sereal sebagai sumber serat.

  1. Hindari depresi

Cara mudah mencegah penyakit diabetes lainnya adalah dengan terus berpikiran positif dan menghindari depresi. Hal ini karena, depresi biasanya membuat orang yang mengalaminya malas dan bosan untuk berolahraga ataupun mengkonsumsi makanan yang sehat.

Selain itu, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa depresi mampu mengubah susunan kimia dalam tubuh sehingga menyebabkan meningkatnya risiko diabetes. Bahkan dalam sebuat studi dikatakan, resistensi insulin 23 persen lebih tinggi bagi wanita yang sedang mengalami depresi dibandingkan yang tidak. Hal tersebut terlepas dari prilaku berolahraga, usia ataupun berat badan.

  1. Menurunkan berat badan

Penyebab penyakit diabetes nomer satu sampai saat ini adalah kelebihan berat badan, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan orang-orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko tinggi untuk terkena diabetes tipe-2. Oleh sebab itu, cara yang terbaik, bahkan lebih baik dibandingkan menggunakan obat diabetes (contohnya: insulin-sensitizing) adalah berolahraga.

Anda dapat melakukan latihan cardio sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu dengan target mengurangi lemak pada perut. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan olahraga dengan menyisihkan waktu selama 30 menit dalam sehari.

  1. Mengurangi makanan cepat saji

Selain berolahraga, cara mudah mencegah penyakit diabetes selanjutnya adalah dengan mulai menjauhi makanan siap saji ataupun junk food. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari sindrom metabolik dan juga asupan lemak jenuh yang sangat tidak sehat. Bahkan, banyak sekali penelitian di Amerika Serikat yang menunjukan bahwa makanan cepat saji, misalnya hamburger mampu meningkatkan risiko terkena sindrom metabolik hingga mencapai 26 persen.

Kesimpulan

Tentunya gula darah adalah penyakit yang sama-sama Kita takutkan. Namun jika Kita yakin dan memiliki keinginan untuk menerapkan cara mudah mencegah penyakit diabetes di atas, tentunya Kita dapat setidaknya mengurangi risiko penyakit mematikan tersebut. Selain itu, Kita juga harus mulai merubah pola hidup dengan memberikan ruang bagi tubuh untuk mendapatkan prilaku positif, seperti olahraga dan mengkonsumsi sayur dan buah.

Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply