Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda

Ketika muda, kulit wajah Anda akan tampak sangat nyaman, montok, lembut dan mulus. Hal tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Ada suatu zat yang bernama kolagen yang mana dapat membantu wajah Anda. Kolegen ini sebenarnya adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel yang nantinya berguna untuk menjaga elastisitas dan kerapatan kulit, sehingga kulit terhindar dari keriput dan garis-garis halus. Sayangnya, ketika Anda bertambah tua, produksi kolagen akan berkurang terus-menerus dan membuat Anda tidak lagi terlihat muda. Namun begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Proses alami tersebut ternyata dapat Anda kurangi kecepatannya dengan melakukan beberapa cara merawat wajah agar awet muda berikut ini.

cara merawat wajah agar awet muda

cara merawat wajah agar awet muda

  1. Asupan vitamin C

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Nutrition disebutkan bahwa wanita yang berumur di atas 40 tahun yang memiliki jumlah vitamin C tinggi dalam tubuhnya berkesempatan untuk terhindar dari keriput dini dibandingkan Mereka yang lebih rendah konsumsi vitamin C-nya.

Dalam fakta lainnya yang disebutkan oleh seorang ahli gizi bernama Jo Travers disebutkan bahwa vitamin C memiliki peran yang penting untuk pembentukan kolagen. Tanpa itu, asam amino tidak akan mampu terhubung untuk membentuk protein.

 

Ada beberapa sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin C, diantaranya adalah cabai merah, sayuran berdaun hijau gelap, misalnya brokoli dan kecambah, tomat, jeruk serta buah kiwi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan skincare yang mengandung vitamin C. Skincare disini biasanya memiliki label asal L-askorbat, ascorbyl phosphate dan ascorbyl palmitat. Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya untuk mengetahui dosis dan cara penggunaan setiap skincare.

 

  1. Berhenti merokok

Cara merawat wajah agar awet muda selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Menurut seorang ahli kulit bernama Dr. Nick Lowe menyebutkan bahwa merokok dapat menciptakan suatu enzim yang biasa disebut MMPs atau matriks metalloproteinase. Enzim ini diteliti mampu merusak kolegen pada kulit wajah Anda, sekaligus membuat kulit menjadi kendur.

 

  1. Hindari sinar matahari berlebih

Salah satu penyebab utama hilangnya kolegen pada kulit wajah adalah karena terpaan sinar UVA. Sinar jenis ini dapat hadir dari matahari dan mampu menembus jauh ke lapisan terdalam kulit wajah Anda, membuatnya menjadi senjata yang ampuh untuk merusak struktur kolagen. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan krim sunblock atau krim spektrum SPF15 yang khusus digunakan untuk melindungi kulit dari terpaan sinar UVA dan UVB.

 

  1. Tingkatkan konsumsi antioksidan

Seperti yang Kita tahu bersama, antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit lebih cepat menua. Oleh sebab itu, cara merawat wajah agar awet muda yang paling efektif adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh. Beberapa sumber antioksidan yang dapat dengan mudah Anda temui adalah teh hijau, buah-buahan, makanan yang tinggi lutein dan sayuran berdaun hijau. Selain itu, Anda juga dapat membeli krim atau serum yang memang terdapat komposisi antioksidan di dalamnya.

Kategori: TIPS KECANTIKAN Tags:
Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply