Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak secara Alami

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak secara Alami.Gusi bengkak atau Gingival Swelling adalah salah satu penyakit pada mulut yang cukup menyakitkan dan membuat ketidaknyamanan. Biasanya penyebab dari penyakit ini adalah karena infeksi, alergi dan cedera gusi. Selain itu, dalam perkembangannya, gusi bengkak dapat membuat si pasien terkena pendarahaan serta perubahaan ruang atau jarak antar gigi. Jika Anda atau keluarga Anda saat ini sedang mengalaminya, beberapa cara menyembuhkan gusi bengkak di bawah ini akan sangat membantu

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak secara Alami

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak secara Alami

 

1. Cengkeh
Gunakan campuran cengkeh dengan lada hitam untuk dioleskan ke area gusi yang bengkak. Nantinya ramuan herbal tersebut akan mengobati rasa sakit serta meredakan peradangan. Selain itu, Anda juga bisa membeli minyak cengkeh secara langsung untuk mengurangi pembengkakan atau mengunyah beberapa siungnya jika mampu.

2. Jahe
Olah jahe menjadi pasta dengan cara diparut. Selanjutnya tambahkan sedikit garam untuk menambah khasiatnya. Setelah itu, terapkan dan gosokan pasta tersebut ke bagian gusi yang bengkak. Dengan cara ini, proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat.

3. Jeruk nipis
Seperti yang kita tahu, jeruk nipis atau lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan dan anti bakteri yang dapat mempercepat penyembuhan gusi bengkak serta mengurangi pembengkakan.

Anda juga dapat menggunakan jeruk sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak dengan mengolahnya menjadi jus. Setelah itu gunakan minuman tersebut menjadi obat kumur. Selain itu, Anda juga bisa berkumur menggunakan jus lemon dengan campuran esensi bunga mawar sebanyak 2 hingga 3 hari sekali hingga bengkak mereda.

4. Air garam
Air garam dapat dijadikan obat kumur sementara untuk meredakan sakit saat gusi bengkak serta mengurangi perkembangan bakteri.

5. Soda kue
Soda kue dapat Anda jadikan sebagai obat rumahan untuk gusi bengkak. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu memijat bagian gusi yang bengkak menggunakan ramuan baking soda dan kunyit. Ramuan ini nantinya dapat bekerja untuk meredakan rasa sakit dan bengkak. Selain itu, soda kue juga ternyata dapat digunakan untuk membersihkan gigi.

6. Minyak
Cara menyembuhkan gusi bengkak secara alami selanjutnya adalah dengan bantuan minyak. Sebenarnya ada beberapa jenis minyak yang jika digunakan sebagai obat kumur mampu secara efektif untuk menyembuhkan gusi bengkak. Diantara minyak tersebut adalah peppermint, pohon teh dan chamomile. Selain untuk berkumur, Anda juga dapat menggunakan minyak pohon teh sebagai pasta gigi. Fungsinya sama, dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak.

7. Gel lidah buaya
Dengan meletakan gel lidah buaya ke bagian gusi yang bengkak, Anda dapat mengurangi terjadinya pendarahan serta nyeri. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gel lidah buaya menjadi obat kumur.

8. Daun lawsonia inermis
Tips terakhir sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak adalah dengan menggunakan daun lawsonia inermis. Dengan rebusan daun lawsonia inermis, gusi bengkak yang Anda alami dapat sembuh dengan waktu yang cepat. Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu merebus daun tersebut dengan segelas air selama 10 hingga 15 menit. Gunakan cara tersebut sebanyak 2 kali sehari hingga bengkak mereda.

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply