Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

Meningkatkan kecerdasan atau ketajaman organ otak bukan saja membuat Anda dapat berpikir lebih matang, namun juga dapat mencegah penuaan mental. Sebagian orang mungkin merasa bingung, apakah hal tersebut dapat dilakukan. Namun begitu, ternyata ada banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa ada banyak cara meningkatkan ketajaman otak yang sederhana, tampa memerlukan peran ahli secara langsung. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut daftarnya untuk Anda.

Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

  1. Berolahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan regenerasi sel-sel saraf, memperkuat interkoneksi sel, dan melindunginya dari kerusakan. Menurut penelitian, olahraga dapat merangsang pelepasan protein dari sel saraf yang dikenal sebagai faktor neurotropik.

Secara garis besar, keadaan tersebut dapat mempromosikan kesehatan saraf, peningkatan fungsi kognitif, dan memberikan efek protektif ke otak. Bahkan dalam sebuah tes pada tahun 2007 yang dipublikasikan oleh Neurosciencei, disebutkan bahwa olahraga reguler tidak hanya meningkatkan alirah darah ke otak, namun juga membuat objek penelitian (monyet) tersebut dapat mempelajari tugas baru dua kali lebih cepat dari objek yang tidak berolahraga.

  1. Konsumsi asam lemak omage-3

Asam lemak omega-3, khususnya DHA merupakan komponen struktural penting yang ada di dua otak dan retina. 60 persen bagian dari otak adalah lemak (25 persen DHA). Uniknya, lemak omega-3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga hanya bisa didapat dari makanan sehari-hari.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa tersebut, seperti sarden dan tuna jika ingin meningkatkan ketajamanan dan kecerdasan otak.

  1. Tidur cukup

Cara meningkatkan ketajaman otak selanjutnya adalah dengan tidur cukup. Tidur sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan regenerasi tubuh dan mencegah stres. Tidur juga menurut para peneliti baik untuk otak, terutama dalam meningkatkan ketajaman berpikir, mengingat masa lalu, meningkatkan kreativitas, hingga menjaga otak agar dapat berpikir jernih.

  1. Konsumsi minyak kelapa

Otak kita membutuhkan bahan bakar berupa insulin, yang bila kurang akan membuat fungsi otak melemah. Hal tersebutlah yang terjadi pada pasien penderita Alzheimer. Uniknya, bahan bakar tersebut berasal dari glukosa. Hal ini tentunya menjadi problema, karena glukosa berlebih tidak baik juga untuk tubuh. Untungnya, para peneliti menemukan bahwa minyak kelapa bisa menjadi alternatif energi bagi otak, sehingga cocok untuk menjaga otak tetap berfungsi optimal.

  1. Konsumsi vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menurunkan fungsi otak, sehingga ketajaman otak berkurang. Bahkan menurut sebuah tes, mereka yang kekurangan vitamin B12 lebih sedikit mencetak gol pada tes kognitif dan memiliki volume otak yang lebih kecil. Vitamin B12 sendiri bisa didapat dari berbagai jenis makanan, seperti ayam, susu, telur, daging sapi, dan makanan laut.

  1. Belajar

Cara meningkatkan ketajaman otak selanjutnya adalah dengan terus belajar. Para peneliti melihat bahwa struktur dan ukuran neuron dapat berubah seiring orang tersebut belajar. Cara belajarnya sendiri bisa diseusaikan dengan kemampuan. Namun usahakan lakukan berbagai kuis, tantangan, atau aerobik otak, yang memungkinkan otak untuk bekerja lebih maksimal.

Cara Meningkatkan Ketajaman Otak | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply