Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Dalam banyak penelitian, kecerdasan seorang manusia terbagi menjadi dua bentuk, yaitu crystallized intelligence dan fluid intelligence. Crystallized intelligence adalah kecerdasan otak untuk menyimpan informasi serta pengetahuan. Bentuk yang pertama ini akan semakin berkembang seiring bertambahnya usia. Sedangkan untuk bentuk yang kedua, berkembang dan meningkat pada masa dewasa serta menurun sejalan dengan bertambahnya usia. Banyak psikolog yang percaya bahwa ada cara meningkatkan kecerdasan otak. Dimana kemampuan fokus, kreatifitas dan kecepatan memecahkan masalah dapat ditingkatkan. Beberapa diantaranya yang sudah diteliti dapat Anda pelajari pada pembahasan di bawah ini.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

  1. Aktif

Jika Anda malas berolahraga, maka detik ini adalah awal bagi Anda untuk melai aktif melakukan kegiatan fisik. Selain mampu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh, aktif berolahraga juga meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa memiliki tubuh yang sehat cenderung mempengaruhi perkembangan kecerdasan.

 

  1. Menulis dan membaca

Menulis sebuah jurnal dapat meningkatkan daya ingat dan daya jangkau yang luas terhadap apa yang orang tersebut pernah alami. Hal tersebut tentu akan melatih otak untuk berkembang lebih dan lebih lagi. Selain itu, menulis juga dapat menambah perspektif baru dan pandangan tentang berbagai hal.

 

Bukan hanya menulis, membaca juga dapat meningkatkan kecerdasan, sekaligus manambah wawasan informasi dan daya ingat. Namun jangan lupa untuk memilah mana informasi yang positif dan mana yang negatif. Selain itu, carilah buku-buku dengan isi nonfiksi, karena realitas tidak membuat Anda banyak berkhayal.

 

  1. Selalu belajar

Tidak semua belajar itu membosankan, karena faktanya banyak orang yang menyukai belajar. Bahkan bisa dibilang hampir semua orang menyukai belajar. Namun yang Mereka pelajari adalah apa yang disukai. Ketika Anda menyukai bermain bola, maka pelajarilah sepak bola. Ketika Anda menyukai game, maka pelajarilah mengenai game.

 

Semakin pemikiran dan ilmu berkembang, maka semakin meninggi pula I.Q yang Anda miliki. Hal tersebut karena informasi yang Anda terima dan simpan semakin banyak. Sejalan dengan itu, ruangan yang ada pada otak untuk menyimpan informasi tersebut sangat luas dan dapat menampung banyak informasi, meski Anda sudah tua.

 

  1. Dialog dan diskusi

Bertukar pikiran dapat Anda jadikan cara meningkatkan kecerdasan otak yang efektif. Semakin banyak Anda berbicara dengan orang lain, baik itu dialog dua arah ataupun diskusi dengan banyak orang, maka wawasan serta perbendaharaan Anda tentang suatu topik akan bertambah. Secara tidak langsung, Anda semakin cerdas dan pintar.

 

  1. Istirahat yang cukup

Seharian penuh otak Anda bekerja, maka Anda tidak boleh pelit untuk memberikan mereka ruang untuk istirahat. Setidaknya 7 hingga 8 jam per hari sudah lebih dari cukup untuk membuat waktu istirahat Anda efektif dan bisa dijadikan cara meningkatkan kecerdasan otak yang efisien.

 

  1. Makanan sehat

Ada banyak makanan yang diteliti mampu digunakan sebagai cara meningkatkan kecerdasan otak. Diantaranya yang paling populer adalah makanan yang mengandung banyak vitamin B, minyak ikan (salmon, tuna dan sarden), teh hijau, antioksidan (blueberi, kacang merah dan cranberry), alpukat, vitamin E (kiwi, sayuran hijau, dan kacang-kacangan) dan gingseng.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply