Cara Mengusir Nyamuk secara Tradisional

Nyamuk merupakan hewan kecil yang banyak berada di rumah. Salah satu masalah yang timbul kala nyamuk-nyamuk ini ada adalah gigitannya. Minimal rasa gatal dan bintik yang timbul. Dalam kasus lain, nyamuk bisa menyebabkan penyakit yang parah. Misalnya saja demam berdarah dan cikungunya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk berusaha mengusirnya. Salah satunya dengan menggunakan cara mengusir nyamuk secara tradisional berikut ini.

Cara Mengusir Nyamuk secara Tradisional

Cara Mengusir Nyamuk secara Tradisional

  1. Minyak nimba

Nimba merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dan salah satunya dapat dioloh menjadi minyak sebagai bahan pengusir nyamuk alami. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal of the American Mosquito Control Association, campuran minyak nimba dan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1 efektif untuk mengusir nyamuk. Cara kerjanya sendiri dengan dioleskan di kulit. Bau yang dihasilkan membuat nyamuk lari. Minyak ini juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiprotozoal.

  1. Kamper

Kamper tradisional biasa dibuat dari ekstrak tanaman. Kamper sendiri memiliki banyak kegunaan dan salah satunya sebagai obat anti nyamuk yang efektif. Anda bisa coba menempatkan kamper di bagian-bagian ruangan yang sekiranya terdapat banyak nyamuk.

  1. Bawang putih

Selain kamper, bawang putih juga bisa Anda jadikan cara mengusir nyamuk secara tradisional. Selain dapat mencegah gigitan nyamuk, bawang putih juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Nyamuk tidak akan mengigit kulit karena bau dari bawang putih yang menyengat.

Untuk cara pengolahannya pun mudah. Anda bisa menumbuk beberapa siung bawang putih. Setelah itu, rebus bersama dengan air. Selanjutnya gunakan ekstrak dari bawang putih tersebut untuk disemprotkan di sekitar ruangan bernyamuk. Semprotkan juga pada kulit.

  1. Minyak pohon teh

Selain baik untuk kulit dan rambut, serta memiliki sifat antibakteri dan antijamur, minyak pohon teh juga dipercaya dapat mengusir nyamuk dengan efektif. Bahkan sifat antijamur dan antibakteri tersebutlah yang membuat nyamuk tidak ingin mengigit kulit. Anda sendiri bisa menerapkan minyak ini ke kulit dengan cara digosok. Nantinya bau dari minyak pohon teh ini juga secara langsung akan membuat nyamuk lari.

  1. Mint

Aroma dari mint mungkin bisa menenangkan pikiran, namun tidak dengan nyamuk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Bioresource Technology, disebutkan bahwa minyak mint atau ekstrak mint dapat membantu mengusr nyamuk. Untuk penerapannya bisa dengan menempatkan daun mint di sekitar ruangan. Oleskan juga minyak mint di kulit.

  1. Minyak sereh

Selain minyak pohon teh, minyak sereh juga efektif dijadikan cara mengusir nyamuk secara tradisional. Minyak dari ekstrak rumput sereh ini dapat mencegah gigitan nyamuk, sehingga tidak salah banyak yang menggunakan minyak ini sebagai bahan baku pembuatan obat anti nyamuk daripada obat-obatan kimia. Anda sendiri bisa menjadikan minyak sereh terbakar pada lilin, sehingga uapnya tersebar ke semua bagian ruangan.

Cara Mengusir Nyamuk secara Tradisional | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply