Cara Mengurangi Nafsu Makan

Ketika Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, masalah yang muncul paling besar adalah nafsu makan. Ketika perut kosong, maka nafsu makan Kita akan semakin tinggi. Hal tersebut tentu membuat semua usaha diet dapat menjadi berantakan. Oleh sebab itu, jika Anda saat ini sedang melakukan program penurunkan berat badan atau memiliki keinginan untuk makan secara berlebihan, beberapa cara mengurangi nafsu makan di bawah ini mungkin dapat membantu.

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan

  1. Lebih banyak minum air

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi lebih mudah lapar, sehingga solusi yang biasa dilakukan adalah mengkonsumsi cemilan. Namun solusi tersebut tentunya hanya akan menambah berat badan. Lalu bagaimana cara yang paling baik? Cara yang terbaik tentu saja dengan mengkonsumsi air putih dalam takaran yang cukup setiap hari. Dengan mengkonsumsi air minum secara teratur, tubuh Anda akan terhidrasi, sehingga rasa lapar berkurang tanpa harus menambah kalori.

 

  1. Konsumsi lebih banyak protein

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan menekan nafsu makan, maka mengkonsumsi makanan kaya protein saat diet adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan mengkonsumsi protein, Anda akan lebih cepat merasa kenyang. Secara bersamaan, berat badan akan lebih cepat turun.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam studi Cell Metabolism, disebutkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi protein, maka tubuhnya akan mudah cepat kenyang dan hormon nafsu makan yang mengatur hal tersebut dilepaskan. Selain itu, protein juga diteliti dapat mempertahankan energi tubuh. Sehingga Anda tidak akan mudah makan untuk menambah kekuatan.

 

  1. Hindari pemanis dan gula

Gula diteliti mampu meningkatkan nafsu makan serta rasa lapar yang sangat. Itu mengapa, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of California menyebutkan, jika Anda mengkonsumsi makanan yang manis, Anda akan menginginkannya terus dan terus. Hal tersebut juga berhubungan dengan asupan gula yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat.

 

  1. Konsumsi lebih banyak serat

Cara mengurangi nafsu makan selanjutnya adalah dengan banyak-banyak memakan makanan berserat tinggi. Serat sendiri terkenal akan sifatnya yang dapat menekan nafsu makan dan membuat Anda lebih cepat kenyang. Selain itu, biasanya makanan berserat lebih lama dicerna, baik oleh mulut maupun oleh perut. Walhasil, Anda akan lebih lama kenyang dan lebih sedikit mendapatkan kalori.

 

  1. Cukup tidur

Tidur secara teratur adalah cara mengurangi nafsu makan terakhir yang dapat Anda terapkan pada pembahasan kali ini. Ketika Anda kekurangan tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon ghrelin dalam jumlah yang tinggi. Walhasil tubuh akan lebih cepat lapar dan membuat Anda lebih tahan terhadap insulin. Bahkan jika tidak ditangani secara intensif, bukan tidak mungkin bahwa nantinya Anda akan terkena penyakit diabetes tipe 2.

 

Melihat betapa buruknya dampak dari kekurangan tidur, sudah sepantasnya Anda untuk berusaha tidur lebih awal dengan waktu yang cukup. Para dokter menyarankan untuk Kita tidur sebanyak 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Cara Mengurangi Nafsu Makan | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply