Cara Mengobati Vertigo secara Alami

Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa kepalanya seperti berputar. Rasa pusing disertai sensasi seperti Anda berputar atau bahkan lingkungan sekitar Anda berputar merupakan salah satu gejalanya juga. Penyebabnya sendiri ada banyak, misalnya saja karena BPPV (benign parocusmal positional vertigo), masalah dalam keseimbangan yang berhubungan dengan telinga. Selain itu, vertigo juga bisa disebabkan oleh penyakit miniera, sebuah gangguan telinga bagian dalam yang diduga disebabkan oleh penumpukan tekanan fluida. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa mencoba beberapa daftar cara mengobati vertigo secara alami pada pembahasan di bawah.

Cara Mengobati Vertigo secara Alami

Cara Mengobati Vertigo secara Alami

  1. Melakukan pijatan

Dengan melakukan pijat teratur, penyakit vertigo akan sembuh secara berangsur-angsur. Hal tersebut karena fungsi dari pijatan yang akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak dan telinga. Anda bisa melakukan pijatan sendiri di sekitar kepala. Namun alangkah lebih baiknya untuk menyewa seorang ahli. Cara kerjanya tidak jauh berbeda saat memijat untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Agar vertigo mudah pergi dan tidak kembali, hindari penggunaan kafein sebagai makanan atau minuman secara berlebihan. Kafein bisa Anda dapati pada teh, kopi hingga alkohol. Bahkan menurut penelitian, konsumsi ketiga jenis minuman tersebut, terlebih alkohol, mampu secara cepat memicu serangan vertigo.

  1. Ramuan jahe

Jahe merupakan alternatif mudah yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati vertigo secara alami. Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat atau jamu, setelah itu konsumsi secara teratur. Anda juga bisa mengonsumsinya saat vertigo menyerang, sehingga efeknya dapat membuat dampak dari vertigo lebih cepat pergi.

  1. Olahraga

Olahraga teratur jauh-jauh hari telah diteliti mampu secara efektif melancarkan dan meningkatkan sirkulsi darah di dalam tubuh. Selain itu, olahraga teratur juga mampu menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan optimal, sekaligus meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh akan lebih kuat. Anda bisa melakukan olahraga sederhana, misalnya saja berjalan santai.

  1. Diet sehat

Mengonsumsi makanan atau minuman yang buruk dapat menyebabkan vertigo. Oleh sebab itu, diperlukan diet sehat untuk mengatasinya. Pada umumnya penderita vertigo adalah Mereka yang sering mengonsumsi produk makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Oleh sebab itu, singkirkan makanan berlemak jenuh, gorangan dan makanan sampah lainnya. Anda juga harus membatasi roti putih, karena menurut penelitian makanan tersebut mampu berkontribusi meningkatkan serangan vertigo.

  1. Minum air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan rajin mengonsumsi air adalah cara yang mudah dan cepat untuk melawan vertigo. Konsumsi air juga dapat mempercepat keluarnya racun di dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang lebih positif, Anda bisa menambahkan madu di dalam air minum tersebut.

Kemsipulan

Meskipun terlihat sederhana, vertigo bisa menjadi bahaya yang menggangu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami masalah ini atau terdapat gejala-gejalanya, segeralah mencoba menerapkan beberapa cara mengobati vertigo secara alami di atas. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

Cara Mengobati Vertigo secara Alami | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply