Cara Mengobati Radang Amandel

Peradangan amandel atau dalam bahasa medis disebut tonsilitis adalah keadaan dimana jaringan limfoid pada amandel mengalami infeksi. Penyakit ini bisa bersifat akut maupun kronis. Untuk penyebabnya sendiri bisa dikarenakan bakteri maupun virus. Sedangkan gejalanya meliputi rasa sakit pada tenggorokan, amandel memerah, lapisan kekuningan, berdenyut, lecet bahkan hingga borok. Selain itu tonsilitis juga bisa membuat pasienya sulit mendengar dan sakit pada area telinga. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba salah satu cara mengobati radang amandel pada pembahasan berikut.

Cara Mengobati Radang Amandel

Cara Mengobati Radang Amandel

  1. Madu

Madu merupakan salah satu obat herbal yang bisa dibilang sangat efektif untuk mengatasi peradangan pada amandel. Anda hanya perlu mencampurkan 4 sdt madu dengan 1 1/4 sdt garam dan perasan jeruk nipis secukupnya. Konsumsi ramuan tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

 

  1. Kunyit dan lada

Untuk pengolahannya, Anda bisa mencampurkan 1 gelas susu yang sudah direbus dengan sejumput bubuk kunyit dan bubuk lada hitam. Setelah diaduk, konsumsi ramuan tersebut secara konsisten. Waktu terbaik adalah sebelum tidur.

 

  1. Mentimun, wortel dan bit

Campurkan 100g bit dengan 100g mentimun dan 200g wortel. Jika sudah dicampurkan merata, konsumsi secara teratur. Ketiga bahan tersebut dipercaya dapat secara efektif dijadikan cara alami mengobati radang amandel.

 

  1. Buah ara

Ara juga ternyata bisa dijadikan obat alami untuk menyembuhkan penyakit amandel. Anda bisa menyiapkan buah ara kering, lalu rebus di dalam air. Jika sudah, giling atau blender hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut ke seluruh bagian tenggorokkan (luar). Nantinya buah ara ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya dari tonsilitis.

 

  1. Lemon

Anda bisa memotong buah lemon menjadi dua bagian. Selanjutnya peras ke dalam gelas dan tambahkan sedikit garam dan merica. Konsumsi ramuan ini untuk mengobati radang amandel dengan efisien.

 

  1. Es

Cara mengobati radang amandel lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah dengan menggunakan es. Anda bisa menyiapkan beberapa es batu, lalu bungkus dengan kain. Jika sudah, terapkan kain es tersebut ke area yang sakit sembari ditekan lembut. Lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ulangi metodenya sebanyak 4 kali dalam sehari.

 

  1. Jahe

Anda bisa membuat jus jahe dengan air hangat untuk dijadikan obat amandel. Selain itu Anda juga bisa menambahkan 1 sdt madu untuk mempercepat proses penyembuhan. Gunakan juga sebagai obat kumur untuk meringankan gejala.

 

  1. Bawang

Buat bawang menjadi jus dengan ditambah air secukupnya. Jika sudah, gunakan ramuan tersebut untuk obat kumur. Dengan cara ini tonsilitis bisa diatasi dengan lebih cepat.

 

  1. Susu

Mengonsumsi segelas susu hangat dengan tambahan 1 sdt bubuk kunyit dipercaya dapat meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh peradangan pada amandel. Konsumsi ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

 

  1. Mint

Cara mengobati radang amandel yang terakhir adalah dengan menggunakan mint. Anda bisa mencampurkan beberapa helai daun mint segar ke dalam air yang sudah dididihkan. Selanjutnya diamkan air hingga tidak terlalu panas. Saring airnya dari mint, lalu minum secara teratur.

Cara Mengobati Radang Amandel | RGJ Corp | 4.5

Leave a Reply